Rabu, 08 November 2017 04:32 WITA

6 Cara Cepat Sembuhkan Flu di Musim Hujan

Editor: Fathul Khair Akmal
6 Cara Cepat Sembuhkan Flu di Musim Hujan
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Ketika musim hujan datang, salah satu penyakit yang paling banyak menyerang adalah flu. Flu umumnya memiliki gejala batuk, pilek, hidung tersumbat, dan terkadang disertai demam. Meski terlihat ringan, flu tetap dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika tidak diobati dengan benar.

Sebenarnya bakteri dan virus dapat menyebabkan infeksi di sepanjang tahun, tapi sebagian dari mereka akan menjadi sangat aktif selama musim hujan. Ada beberapa kemungkinan mengapa infeksi bisa meningkat pada musim hujan. Salah satunya adalah karena angin akan membawa virus berjalan lebih cepat ke orang lain. 

Selain itu, seiring cuaca berubah dari panas menjadi dingin pada hari-hari hujan, suhu tubuh juga akan berfluktuasi. Keadaan ini dapat memengaruhi kekebalan tubuh sehingga Anda lebih rentan terhadap serangan virus dan bakteri. Inilah alasan mengapa orang rentan jatuh sakit saat musim hujan.

Dikutip doktersehat.com, virus adalah penyebab utama infeksi saluran pernapasan atas saat musim hujan, dengan gejala utama berupa batuk dan pilek. Sering kali orang menganggap infeksi ini sepele karena tampaknya dapat sembuh sendiri. 

Tapi infeksi virus bisa menjadi sangat serius karena dapat membuka pintu bagi infeksi bakteri, terutama saluran pernapasan bagian bawah (seperti pneumonia).

Berikut adalah cara cepat menyembuhkan flu di musim hujan:

1. Istirahat di rumah. Penyakit yang pemicunya adalah infeksi virus akan lebih cepat pulih bila Anda mengistirahatkan diri di rumah. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh Anda akan lebih cepat meningkat.

2. Olahraga dan aktivitas fisik ringan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan hilangkan kebiasaan olahraga Anda saat flu.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin C. Baik sayur-mayur dan buah-buahan.

4. Mandi dengan air hangat. Mengapa air hangat? Udara yang beruap dapat membasahi dan mengurangi lendir di sinus Anda. Selain dengan mandi menggunakan air hangat, bisa juga dengan membuat “sauna pribadi” di kamar mandi. Caranya, isi air hangat ke dalam baskom, kemudian hiruplah uap hangat yang dihasilkannya.

5. Minum setidaknya delapan gelas cairan setiap hari. Cairan membantu menipiskan lendir tebal yang terbentuk karena penyakit ini. Minuman panas dapat bekerja lebih baik daripada minuman dingin. Tapi hindarilah kopi, teh dengan kafein, atau alkohol.

6. Kompres hangat di bagian hidung juga dapat membantu mengeluarkan lendir di sinus Anda.