Selasa, 07 November 2017 18:17 WITA

Cara Sehat Turunkan Berat Badan

Editor: Adil Patawai Anar
Cara Sehat Turunkan Berat Badan

RAKYATKU.COM – Tidak dapat dipungkiri banyak dari kita yang masih mempunyai berat badan yang kurang ideal. Berat badan ideal setiap orang berbeda sesuai dengan karakter masing-masing tubuh.

Untuk menghitung berat badan ideal masing-masing dapat menggunakanan “Kalkulator BMI“. Berikut ini ada beberapa tips untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Perlambat durasi makan Anda
Memperlambat waktu makan Anda adalah kebiasaan yang baik untuk mengurangi makan berlebihan. Banyak orang menemukan bahwa akan sangat membantu untuk mengatur durasi makan dan jam makan yang tepat seperti 20 menit per makanan. Melakukan hal ini membantu memicu pelepasan hormon yang memberitahu tubuh Anda bahwa Anda kenyang. Anda juga dapat belajar untuk menikmati dan merasakan makanan, yang dapat lebih berharga daripada mengkonsumsi porsi besar.

Tidur lebih banyak membantu menurunkan berat badan
Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi dari University of Michigan menunjukkan bahwa tidur lebih banyak 1 jam per malam bisa setara dengan penurunan berat badan sebanyak 6 kilogram selama setahun pada orang yang makan 2.500 kalori per hari. Studi lain menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda lebih mungkin untuk makan berlebihan.

Sajikan dan makan sayuran lebih banyak
Coba menyajikan beragam sayuran bukan hanya satu jenis sayuran dengan makan. Memiliki berbagai pilihan berarti bahwa Anda lebih mungkin untuk makan lebih banyak sayuran, dan makan lebih banyak sayuran adalah salah satu langkah menuju penurunan berat badan yang efektif. Sayuran mengandung air dan serat yang mengisi Anda dengan kalori yang lebih sedikit. Hanya pastikan Anda mempersiapkan sayuran tanpa sumber tambahan lemak seperti saus mentega atau mayones.

Isi lebih sedikit kalori tubuh Anda dengan sup
Sup adalah pilihan yang cocok sebagai hidangan pembuka dan hidangan utama. Pada awal makan, sup berbasis kaldu (hindari krim sup!) dapat memperlambat makan Anda dan mengisi perut Anda sebelumnya. Contoh sup berbasis kaldu sehat sayur-sayuran, pangsit. Anda dapat membuat sup mudah dengan mengurangi garam, menambahkan sayuran dan protein pilihan Anda, dan mendidihkan sayuran hingga lunak.

Pilih gandum total
Makan biji-bijian bila memungkinkan adalah strategi penurunan berat badan lain. Biji-bijian termasuk beras merah, oat, barley, dan gandum. Mengganti biji-bijian bila memungkinkan dapat membantu Anda kenyang lebih cepat.