Senin, 06 November 2017 16:35 WITA

Kopi Bisa Cegah Kematian Dini pada Penderita Penyakit Ginjal

Editor: Suriawati
Kopi Bisa Cegah Kematian Dini pada Penderita Penyakit Ginjal
Kopi

RAKYATKU.COM - Sebuah studi terbaru menyimpulkan bahwa kafein dapat membantu penderita penyakit ginjal kronis hidup lebih lama.

Temuan yang akan dipresentasikan pada pertemuan rutin American Society of Nephrology di New Orleans ini menemukan bahwa di antara lebih dari 2.300 orang Amerika yang menderita penyakit ginjal kronis, mereka yang meminum minuman berkafein paling banyak, bisa mengurangi risiko kematian dini sebesar 24 persen.

"Studi kami menunjukkan efek perlindungan tergantung dosis dari konsumsi kafein terhadap semua penyebab kematian di antara pasien dengan penyakit ginjal kronis," kata pemimpin peneliti Dr. Miguel Bigotte Vieira, dari Centro Hospitalar Lisboa Norte, di Lisbon, Portugal.

"Namun, penelitian observasional kami tidak dapat membuktikan bahwa kafein mengurangi risiko kematian, namun hanya menunjukkan kemungkinan efek perlindungan semacam itu," katanya, dikutip dari UPI.

Kopi Bisa Cegah Kematian Dini pada Penderita Penyakit GinjalDr Bigotte menambahkan bahwa temuannya juga perlu direplikasi dalam percobaan yang membandingkan konsumsi kafein dengan tanpa konsumsi kafein, sebelum pasien diberi konseling untuk minum lebih banyak kopi atau minuman berkafein lainnya.