Minggu, 05 November 2017 16:40 WITA

Ahli Kesuburan Klaim Pria Bakal Bisa Hamil

Editor: Suriawati
Ahli Kesuburan Klaim Pria Bakal Bisa Hamil
INT

RAKYATKU.COM - Salah satu spesialis kesuburan terkemuka di dunia baru-baru ini mengatakan bahwa kelak pria juga bisa hamil dengan melakukan transplantasi rahim. Namun, dalam kasus ini, mereka tidak akan bisa melahirkan bayi secara alami dan harus menjalani operasi caesar.

Richard Paulson, presiden American Society for Reproductive Medicine, mengatakan bahwa sejauh ini sudah ada delapan anak yang dilahirkan dari wanita yang menjalani transplantasi rahim. Ia melihat kesuksesan tersebut akan membuka jalan bagi pria untuk mengandung anaknya.

"Ada banyak ruang untuk meletakkan rahim di sana. Pria dan wanita memiliki pembuluh darah yang sama," kata Paulson dalam sebuah pertemuan di San Antonio, Texas, dikutip Ibtimes.

Dia juga mengatakan bahwa tidak ada alasan ilmiah mengapa pria tidak bisa hamil. "Akan ada tantangan tambahan, tapi saya tidak melihat adanya masalah yang jelas yang akan menghalanginya. Saya pikir itu mungkin terjadi," katanya.

Namun, dia mengakui bahwa itu akan menjadi prosedur yang sangat rumit. "Ini membutuhkan tim yang hebat, ini bukan sesuatu yang bisa dilakukan seseorang di rumah sakit komunitas."

Ahli Kesuburan Klaim Pria Bakal Bisa HamilDr Paulson menambahkan bahwa hormon mungkin harus diberikan untuk meniru perubahan yang terjadi pada wanita hamil. Setelah rahim ditransplantasikan, embrio IVF harus ditanamkan.

Namun, Profesor Julian Savulescu, seorang filsuf dan spesialis bioetika di Universitas Oxford meragukan hal ini. Ia mengatakan bahwa "transplantasi uterus merupakan risiko nyata bagi janin dan anak masa depan."

"Meskipun secara teknis memungkinkan untuk melakukan prosedur ini, Anda juga perlu sangat yakin bahwa rahim akan berfungsi normal selama kehamilan ... Pecahnya rahim dapat menyebabkan kematian atau cacat permanen pada janin," kata Savulescu.