Minggu, 05 November 2017 15:54 WITA

Kesalahan Saat Berolahraga Ini Masih Sering Kita Lakukan

Editor: Adil Patawai Anar
Kesalahan Saat Berolahraga Ini Masih Sering Kita Lakukan

RAKYATKU.COM – Berolahraga memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sayangnya, banyak orang yang melakukan kesalahan saat melakukannya sehingga bukannya bisa memberikan manfaat, olahraga justru bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh. Apa sajakah kesalahan tersebut?

Tidak melakukan pemanasan
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pemanasan sebelum olahraga sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan melakukannya, detak jantung akan meningkat sehingga peredaran darah pun akan menjadi lebih lancar. Hal ini bisa berimbas pada tubuh yang jauh lebih siap untuk berolahraga. Kita bisa melakukan pemanasan seperti jogging santai hingga lompat-lompat kecil selama 5 menit dan kita pun akan menurunkan resiko terkena cedera.

Memakai pakaian tebal
Kita tentu sering melihat orang yang berolahraga dengan memakai jaket atau celana panjang. Tujuan dari menggunakan jaket atau celana panjang ini adalah agar keringat yang keluar semakin banyak. Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini justru bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Keringat yang banyak bukanlah tanda dari banyaknya lemak yang terbakar. Jika kita terlalu banyak mengeluarkannya, bisa jadi tubuh akan mengalami dehidrasi atau heat exhaustion yang bisa saja membuat kita jatuh pingsan.

Berolahraga dengan berlebihan
Karena ingin segera menurunkan berat badan, olahraga pun dilakukan dengan sangat berlebihan. Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini bisa memicu kerusakan pada persendian dan otot.

Tubuh juga memerlukan waktu untuk memulihkan otot dan berbagai sel-sel di dalamnya agar bisa kembali melakukan berbagai aktifitas dengan baik. Jika kita terus memaksakan diri berolahraga dengan berlebihan, bisa jadi kita akan mengalami cedera dan kesulitan untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Jadi, sudah tahu kan apa saja yang perlu dihindari saat berolahraga agar bisa mendapatkan manfaatnya yang maksimal?