Minggu, 05 November 2017 14:52 WITA

Waspada! Kangkung Air Bisa Menyebabkan Keracunan

Editor: Suriawati
Waspada! Kangkung Air Bisa Menyebabkan Keracunan
INT

RAKYATKU.COM - Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang melimpah di Indonesia. Ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan, misalnya tumis kangkung, atau oseng kangkung.

Pada dasarnya, sayuran ini mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ini mengandung natrium, kalium, serat, protein, zat besi dan berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, dan Vitamin B6.

Sayangnya, Anda harus waspada karena kangkung ternyata dapat menyebabkan keracunan. Mengapa demikian?

Tanaman kangkung terdiri dari dua jenis yaitu kangkung darat dan air. Jika anda menyukai kangkung air, berhati hatilah karena jenis ini berpotensi mengandung bahan kimia logam seperti mercury, arsen, tembaga, seng dan nikel yang berasal dari limbah rumah tangga atau industri.

Waspada! Kangkung Air Bisa Menyebabkan KeracunanBahan kimia tersebut bisa terserap oleh tanaman kangkung dari sungai atau tanah berlumpur. Sehingga, ketika dikonsumsi, sisa limbah tersebut berpotensi menyebabkan keracunan.

Keracunan biasanya diawali dengan mual, muntah, kepala pusing dan sakit perut. Jadi, ketika Anda mengalami gejala ini sesaat setelah mengonsumsi kangkung, maka segera mencari pertolongan.