Minggu, 05 November 2017 02:31 WITA

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu
ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Meskipun tergolong dalam makanan paling sehat yang bisa kita konsumsi, kita cenderung susah mendapatkan madu asli di pasaran. 

Kebanyakan madu sudah menjadi madu oplosan yang telah dicampur kandungan gula atau kandungan lainnya yang sayangnya tetap saja diklaim sebagai madu murni. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memastikan apakan madu itu asli atau tidak.

Memeriksa label
Pastikan untuk memeriksa label madu yang kita beli dengan hati-hati. Jika anda menemukan bahan tambahan selain madu, maka tentu madu ini bukan madu murni. Hanya saja, banyak madu yang dijual tanpa label kemasan sehingga kita perlu mengujinya dengan cara lainnya.

Menguji madu dengan air
Ambil sesendok madu dan tuangkan madu ini ke dalam segelas air. Madu murni biasanya akan tetap menggumpal meskipun dimasukkan ke dalam air. Jika madu ini mudah larut, maka madu ini sudah tidak murni lagi.

Menguji madu dengan kertas
Siapkan kertas dan tuangkan beberapa tetes madu pada kertas tersebut. Jika madu ini merasap pada kertas, maka madu ini bisa dipastikan tidak alami. Madu murni cenderung tidak mudah merembes pada kertas dan tetap berada di atasnya.

Menguji madu dengan roti
Roti yang dioleskan madu murni cenderung menjadi lebih keras. Sementara itu, roti yang dioleskan madu yang sudah tidak murni lagi justru akan menjadi lebih lembek atau basah.

Mengecek aroma madu
Madu murni cenderung memiliki aroma yang ringan, halus, namun sangat menggoda indera pernafasan kita. Hal yang berbeda terjadi pada madu yang sudah tidak murni lagi dimana baunya cenderung asam dan memiliki zat berbusa putih di dalamnya.

Menguji madu dengan kain
Tuangkan beberapa tetes madu pada kain. Madu yang masih murni cenderung akan lebih mudah diserap oleh kain. Setelah dicuci, kain yang ditetesi madu murni juga cenderung tidak meninggalkan noda sama sekali.