Sabtu, 04 November 2017 15:09 WITA

Eh Jangan Dibuang, Teh Basi Masih Bermanfaat Bagi Kesehatan

Editor: Fathul Khair Akmal
Eh Jangan Dibuang, Teh Basi Masih Bermanfaat Bagi Kesehatan

RAKYATKU.COM - Teh dikenal luas sebagai minuman yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan menyebutkan, minum teh secara teratur bisa membuat kita mencegah datangnya kanker, menurunkan tekanan darah dengan signifikan, membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, dan membuat tubuh semakin berstamina. 
Berbagai penelitian kesehatan telah berhasil membuktikan manfaat senyawa antioksidan di dalam teh. Seperti polifenol dan flavonoid yang ternyata mampu mencegah datangnya berbagai macam penyakit. 

Tak hanya itu, kandungan kafein dan theanine dari teh juga, bisa menstimulasi otak sehingga menjadi lebih baik untuk fokus, berkonsentrasi, sekaligus mencegah datangnya stress.

Berbeda dengan kandungan kafein dalam kopi yang cenderung tinggi, kandungan kafein di dalam teh cenderung lebih aman bagi kesehatan tubuh. Kita pun tidak akan mudah terkena masalah seperti asam lambung naik atau bahkan sulit untuk tidur setelah mengkonsumsinya.

Yang tidak disangka adalah, ampas teh tubruk atau teh celup yang sudah basi yang seringkali kita anggap tidak bisa lagi dikonsumsi dan langsung dibuang, ternyata masih bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Di dalam teh basi ini, terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, serta vitamin E yang bisa kita pakai sebagai bahan alami yang menyehatkan kulit. 
Sebagaimana kita ketahui, kandungan vitamin E bisa membuat kulit semakin cerah dan terjaga keelastisitasannya. Sementara itu, vitamin C dan vitamin A akan menutrisi kulit dan membuatnya menjadi lebih sehat.

Dengan mengoleskan langsung ampas teh tubruk atau teh celup yang sudah basi pada wajah layaknya scrub atau masker, maka kita akan mendapatkan manfaat anti bakteri atau anti peradangan yang bisa mencegah datangnya komedo atau jerawat.