Kamis, 02 November 2017 09:56 WITA

6 Efek Samping Konsumsi Buah Sirsak

Editor: Suriawati
6 Efek Samping Konsumsi Buah Sirsak
INT

RAKYATKU.COM - Sirsak atau graviola adalah pohon yang berasal dari Meksiko, Kuba, dan Amerika Tengah. Semua bagiannya, termasuk daun, buah, dan bahkan batangnya digunakan untuk membuat obat-obatan. Dikatakan bahwa pohon ini merupakan persilangan antara nanas dan stroberi.

Manfaat sirsak meliputi pengobatan infeksi bakteri, infeksi parasit, batuk, radang hidung dan tenggorokan, herpes, induksi muntah dan bahkan penyembuhan kanker.

Tapi di balik semua itu, buah ini juga memiliki banyak efek samping. Dan sama seperti ramuan lainnya di luar sana, efek samping buah sirsak bisa berakibat fatal, berikut diantaranya:

1. Dapat menyebabkan penyakit parkinson
Para pendukung sirsak mengatakan bahwa acetogenins annonaceous yang ada di dalam sirsak dapat membantu memerangi sel kanker karena mereka mungkin "berpotensi" memiliki efek kemoterapi. Namun, sebuah studi yang diterbitkan oleh Memorial Sloan-Kettering Cancer Center memperingatkan agar tidak menggunakannya. Studi tersebut menyatakan bahwa "alkaloid dari sirsak dapat menyebabkan disfungsi neuron dan degenerasi yang menyebabkan gejala penyakit Parkinson."

6 Efek Samping Konsumsi Buah Sirsak2. Menurunkan tekanan darah
Sirsak juga menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan tekanan darah rendah. Meski hal ini bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, mereka yang tidak memiliki hipertensi harus berhati-hati saat mengkonsumsi buah ini.

3. Bisa menyebabkan keracunan
Kulit sirsak mengandung anonain dan anoniine, yang mengandung asam hidrosianat tinggi. Ini adalah zat tak berwarna, yang dianggap beracun.

4. Penyebab Mual
Konsumsi sirsak dalam sejumlah besar dapat menyebabkan mual dan muntah.

5. Interaksi Obat
Hindari konsumsi sirsak jika Anda memakai obat anti-hipertensi, vasodilator, obat depresan jantung, atau anti-depresan. Buah ini bisa meningkatkan atau menurunkan efek obat ini.

6. Dapat menyebabkan keguguran
Konsumsi sirsak harus dihindari oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan kontraksi uterus dini.