Jumat, 20 Oktober 2017 08:00 WITA

Kesalahan Saat Olahraga yang Sering Dilakukan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kesalahan Saat Olahraga yang Sering Dilakukan

RAKYATKU.COM - Olahraga terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Namun, tanpa disadari, beberapa kesalahan saat olahraga justru bisa berdampak buruk terhadap tubuh.

Beberapa kesalahan dalam berolahraga ini sering dilakukan, berikut ulasannya yang dilansir dari Klik Dokter:

1. Tidak melakukan pemanasan dan peregangan
Melakukan peregangan otot sebelum berolahraga sangat disarankan. Namun sebelum melakukan peregangan, ada satu rutinitas yang seringkali ditinggalkan, yaitu pemanasan atau warming up. Padahal pemanasan bertujuan untuk meningkatkan detak jantung dan memperlancar peredaran darah agar tubuh siap untuk berolahraga.

Pemanasan cukup dilakukan dengan joging santai, lompat tali, atau melompat kecil selama 5-10 menit. Setelah melakukan pemanasan, Anda baru bisa melakukan peregangan agar otot menjadi lebih fleksibel.

Dengan melakukan pemanasan dan peregangan secara benar, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya cedera yang mungkin saja terjadi ketika berolahraga.

2. Menggunakan pakaian yang terlalu tebal 
Anda mungkin pernah melihat orang di sekitar melakukan joging dengan menggunakan jaket, baju panjang, topi, dan celana panjang. Tujuan dari tampilan tersebut barangkali supaya dapat berkeringat lebih cepat dan banyak, sehingga lemak yang terbakar juga lebih banyak. Padahal hal tersebut tidak tepat.

Keringat yang keluar bukan merupakan pertanda lemak terbakar. melainkan regulasi tubuh untuk mengatur peningkatan suhu tubuh. Mengenakan pakaian yang terlalu tebal saat berolahraga justru bisa berbahaya bagi Anda.

Peningkatan suhu tubuh yang cepat dan pengeluaran cairan tubuh (keringat) secara berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan heat exhaustion. Jika tidak diatasi dengan benar, kedua kondisi ini dapat mengancam jiwa.

3. Olahraga secara berlebihan
Olahraga secara berlebihan tanpa disertai istirahat yang cukup dapat meningkatkan kerusakan otot dan cedera pada sendi-sendi. Padahal, otot juga memerlukan waktu istirahat agar pertumbuhan dan proses recovery usai olahraga dapat berjalan dengan sempurna.

Contohnya, bagi pelari jarak jauh, apabila tidak beristirahat seusai berlari, kemungkinan mengalami cedera pada otot dan tendon akan meningkat secara signifikan.

Ketiga kesalahan ini dapat berdampak fatal bagi tubuh. Jadi, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama, ya.