Kamis, 19 Oktober 2017 23:16 WITA

Tahi Lalat yang Banyak Menandakan Masalah Kesehatan

Editor: Adil Patawai Anar
Tahi Lalat yang Banyak Menandakan Masalah Kesehatan

RAKYATKU.COM - Meskipun dianggap sebagai hal yang wajar muncul di kulit kita, tahi lalat terkadang bisa memicu keresahan tersendiri, apalagi jika jumlahnya yang semakin banyak atau ukurannya yang semakin membesar. Sebenarnya, apakah tahi lalat menandakan adanya masalah kesehatan yang cukup serius?

Dilansir doktersehat.com, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada banyak sekali penyebab mengapa tahi lalat bisa muncul pada kulit. Yang tidak disangka adalah salah satu dari penyebab tersebut adalah faktor keturunan dimana jika orang tua kita memang banyak memiliki tahi lalat atau tanda lahir yang besar, maka kita juga cenderung akan mengalami hal yang sama. Selain itu, penyebab lain dari munculnya tahi lalat adalah paparan sinar ultraviolet matahari dan tidak seimbangnya jumlah hormon dalam tubuh.

Dalam kebanyakan kasus, tahi lalat memang tidak berbahaya. Hanya saja, jika jumlahnya sangat banyak, berkembang dengan sangat cepat, menyakitkan saat disentuh, dan mengalami perubahan ukuran atau warna, bisa jadi hal ini adalah tanda dari kanker kulit atau penyakit lainnya yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Bercak putih pada kulit
Selain karena panu, kulit ternyata juga bisa mengalami bercak-bercak keputihan yang disebut sebagai vitiligo. Hal ini disebabkan oleh kulit yang kehilangan pigmentasinya. Vitiligo seringkali terkait dengan penyakit addison yang tidak boleh disepelekan begitu saja.

Bercak hitam pada kulit
Jika pada kulit tiba-tiba saja muncul bercak berwarna hitam, hal ini bisa jadi juga merupakan tanda dari penyakit addison. Biasanya, penderita penyakit ini juga akan merasakan sensasi sakit pada otot dan persendian serta penurunan nafsu makan dengan signifikan.

Ruam kemerahan
Munculnya ruam-ruam kemerahan pada kulit bisa jadi adalah gejala dari alergi pada beberapa hal layaknya makanan, bahan kimia dari produk rumahan, penggunaan obat, atau terkena penularan penyakit seperti cacar air.