Rabu, 18 Oktober 2017 12:50 WITA

Tak Perlu Obat, Minuman Ini Bisa Mengatasi Mabuk Perjalanan

Editor: Adil Patawai Anar
Tak Perlu Obat, Minuman Ini Bisa Mengatasi Mabuk Perjalanan

RAKYATKU.COM – Pakar kesehatan gastroenterologist yang berasal dari Mayo Clinic bernama Lawrence Szarka menyebutkan bahwa melakukan perjalanan dengan kondisi yang kurang fit mampu membuat kita mengalami mabuk perjalanan.

Selain itu, sensasi mual-mual juga bisa dipengaruhi oleh konsumsi makanan yang kurang higienis. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi mual-mual tersebut dengan cepat?

Dilansir doktersehat.com, Szarka menyarankan kita untuk mengkonsumsi minuman bersoda untuk mengatasi mual dengan cepat. Menurut beliau, minuman yang memiliki rasa yang manis seperti soda ternyata bisa mengatasi mual-mual jauh lebih cepat daripada air jenis lainnya.

Minuman berkarbonasi disebut-sebut mampu menurunkan total keasaman pada lambung sehingga bisa menurunkan mual-mual. Tak hanya itu, rasa manis dari minuman ini bisa memberikan rasa puas pada otak sehingga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan menurunkan sensasi mual.

Pendapat yang berbeda tentang minuman bersoda bisa mengatasi mabuk perjalanan atau tidak diungkapkan oleh pakar kesehatan dr. Lili Dwiyani. Menurut beliau, minuman bersoda atau minuman berkarbonasi justru akan memicu perut kembung yang bisa membuat mual dan muntah-muntah semakin parah. Hanya saja, efek ini memang tidak selalu sama pada setiap orang.

Dr. Lili juga tidak merekomendasikan cara lain untuk mengatasi mabuk perjalanan seperti menempelkan plester luka pada pusar. Hanya saja, bisa jadi hal ini memang bisa menanamkan sugesti pada orang yang mudah mabuk sehingga pikirannya jauh lebih tenang dan siap saat menghadapi perjalanan tanpa perlu mengalami mual-mual.