14 October 2017 05:30 WITA

Ingat Kembali Bahaya Radiasi Ponsel

Editor: Almaliki
Ingat Kembali Bahaya Radiasi Ponsel

RAKYATKU.COM - Sudah banyak pakar yang menjelaskan tentang bahaya radiasi. Ada baiknya juga, kita mengingatnya kembali. Seperti yang ditimbulkan oleh ponsel yang melengket di telinga kita dalam waktu yang lama akibat menelepon.

Hal itu ternyata bisa meningkatkan risiko tumor otak. Mengapa? Alasannya, dengan menelepon dalam waktu yang lama, maka sel otak akan terpapar radiasi ponsel dalam jumlah yang cukup banyak.

"Hal itu mampu mengubah sel otak menjadi sel yang tidak normal. Alhasil, sel selaput pada otak menjadi semakin tertekan, dan memicu tumbuhnya tumor," jelas Pakar kesehatan spesialis bedah saraf, dr. Agus Anab, SpBS yang berasal dari Comprehensive Brain and Spine Center (CBSC) Indonesia.

Selain tumor, radiasi ponsel juga mengganggu saraf telinga jika kita menelepon dalam waktu yang lama, yang sayangnya bisa menyebabkan gangguan pendengaran atau terus merembet ke otak.

Mengingat reputasi dari penyakit ini yang sangat mematikan dan sulit untuk diobati, ada baiknya memang kita mulai menurunkan kebiasaan buruk ini.

Senyampang Dr. Agus menyarankan kita untuk menggunakan loudspeaker ponsel yang bisa membuat kita tidak perlu menempelkan ponsel pada telinga saat menelepon. Selain itu, kita juga bisa menggunakan earphone, meski ada baiknya kita juga tidak menggunakan peralatan ini terlalu lama, karena kurang baik untuk pendengaran.

"Terakhir, pastikan untuk tidak lagi tidur dengan ponsel berada di dekat dengan kepala atau badan kita. Dan jika bisa, sebaiknya matikan saja ponsel saat tidur malam," tukasnya.