13 October 2017 15:57 WITA

Perhatikan Stiker Buah, Jangan Beli yang Awalannya Angka 8

Editor: Fathul Khair Akmal
Perhatikan Stiker Buah, Jangan Beli yang Awalannya Angka 8

RAKYATKU.COM - Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan yang kita beli di supermarket ini ternyata ada maknanya? Tak hanya menjadi tanda produksi atau label merek produsen buah tersebut, angka-angka pada stiker ini ternyata ada artinya. Seperti apakah arti dari angka-angka tersebut?

Angka pada stiker buah ini disebut sebagai kode PLU seperti dilansir doktersehat.com. Kode ini bisa menjelaskan dimana buah ini diproduksi, bagaimana proses buah ini tumbuh, jenis buah, dan berbagai keterangan lainnya. 
Biasanya, angka stiker yang bisa berupa 4 digit dan 5 digit ini juga menandakan bahwa buah-buahan tersebut diimpor dari negara lain.

Dimulai dengan angka 9
Jika kode PLU ini terdiri dari 5 digit angka dan dimulai dengan angka 9, maka buah dengan stiker ini dianggap sebagai yang paling baik untuk kita pilih. 

Produk buah dengan awalan angka 9 ini ditanam secara organik tanpa menggunakan bahan pestisida lainnya sehingga sangat aman untuk dikonsumsi

Dimulai dengan angka 8
Jika kode PLU ini terdiri dari 5 digit angka dan dimulai dengan angka 8, ada baiknya kita tidak memilihnya karena buah ini diproduksi dengan genetically modified organism (GMO) yang berarti sudah direkayasa secara genetik. Hal ini berarti, buah ini bukanlah buah alami dan dikhawatirkan memiliki kandungan yang kurang baik bagi tubuh.

Diawali dengan angka 3 atau 4
Jika kode PLU pada buah terdiri dari 4 digit dan dimulai dengan angka 3 atau 4, maka buah ini adalah hasil produk tradisional namun masih menggunakan penyubur tanaman, pestisida, atau bahan kimia lainnya sehingga sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Melihat adanya fakta ini, sudah tahu kan buah mana yang sebaiknya kita beli!