13 October 2017 13:14 WITA

Kecerdasan Manusia Bisa Dilihat dari Lamanya Menguap

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kecerdasan Manusia Bisa Dilihat dari Lamanya Menguap

RAKYATKU.COM - Menutup mulut saat sedang menguap adalah salah satu cara manusia untuk menjaga kesopanan. Namun, saat kita sedang tidak di depan orang lain, kita akan cenderung membiarkan mulut terbuka lebar saat menguap.

Tahukah anda jika lamanya waktu kita membuka mulut untuk menguap ini ternyata bisa menandakan kecerdasan otak kita? Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di State University of New York di Amerika Serikat pada tahun 2016 yang mengungkapkan fakta ini.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan menganalisa video dari 29 jenis mamalia, para peneliti mencoba untuk menghitung seberapa lama para hewan mamalia ini menguap.

Hasilnya adalah, semakin berat otak dan semakin banyak jumlah neuron di lapisan luar otak atau yang kerap disebut sebagai korteks ternyata mampu memprediksi panjangnya waktu menguap.

Sebagai contoh, gorilla, gajah afrika, kuda, dan singa laut yang memiliki ukuran badan yang besar ternyata menguap dengan waktu yang lebih pendek jika dibandingkan dengan manusia karena ukuran otak mereka yang cenderung lebih kecil dari kita.

Dilansir doktersehat, yang menarik adalah, meskipun waktu menguap bisa berkaitan dengan ukuran dan kecerdasan otak, hal ini ternyata tidak berkaitan sama sekali dengan ukuran tubuh.

Penelitian yang dipimpin oleh Andrew Gallup ini juga menyebutkan bahwa hewan dengan ukuran otak yang lebih besar cenderung memiliki variasi durasi menguap masing-masing, bergantung pada kondisi yang dialami oleh hewan atau manusia.