Jumat, 13 Oktober 2017 07:40 WITA

Awas, Makan Jeroan Rentan Timbulkan Rematik

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Awas, Makan Jeroan Rentan Timbulkan Rematik

RAKYATKU,COM - Meski menggugah selera, ternyata jeroan bisa memicu penyakit rematik!

Rematik merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Terdapat berbagai jenis rematik, salah satunya adalah gout artritis atau radang sendi. Kondisi ini dipicu oleh penumpukan asam urat di dalam tubuh.

Dilansir dari Klik Dokter, dalam jumlah normal, asam urat sebenarnya tidak membawa dampak buruk bagi tubuh. Karena pada dasarnya, asam urat adalah zat yang berasal dari makanan dan proses metabolisme tubuh. Asam urat normal terdapat dalam darah, dan kelebihannya akan dibuang melalui air seni.

Namun, jika terdapat gangguan fungsi ginjal, pengeluaran asam urat berlebih dari dalam tubuh akan terganggu. Alhasil, terjadilah penumpukan asam urat dengan bentuk kristal di bagian tubuh tertentu, salah satunya sendi. Nah, penumpukan sejumlah kristal inilah yang kemudian menyebabkan peradangan.

Nah, jeroan seperti hati, usus, dan otak, adalah makanan yang mengandung tinggi purin. Seperti diketahui, makanan tinggi purin dapat menyebabkan lonjakan asam urat di dalam tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Namun, bukan berarti makan jeroan dilarang sama sekali. Anda hanya perlu membatasinya. Karena jika jumlahnya berlebihan dan tidak dibarengi dengan pola hidup sehat, risiko rematik akan meningkat berlipat ganda.

Melihat hal di atas, sebaiknya kurangi porsi dan frekuensi jeroan yang Anda konsumsi. Jangan lupa juga untuk mulai menerapkan pola hidup sehat, berolahraga rutin dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Dengan begini, risiko Anda terkena rematik akan semakin kecil, atau bahkan hilang sama sekali.