12 October 2017 06:30 WITA

Tak Disangka, Minyak Kayu Putih Bisa Beri Manfaat Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tak Disangka, Minyak Kayu Putih Bisa Beri Manfaat Ini

RAKYATKU.COM - Minyak kayu putih seringkali digunakan untuk membuat badan menjadi lebih hangat saat sedang masuk angin atau saat udara sedang cukup dingin. 

Dalam realitanya, minyak kayu putih memang bisa memberikan sensasi hangat saat dioleskan pada kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan 1,8 Cinole sebanyak 44 hingga 60 persen di dalam setiap botol minyak kayu putih.

Tak hanya membuat sensasi hangat pada kulit, kandungan 1,8 Cinole ini juga memiliki aroma yang sangat khas dan memberikan rasa lega pada saluran pernafasan. 

Saat suhu udara cukup dingin, maka kita akan lebih mudah mengalami masalah saluran pernafasan seperti pilek, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan penyakit lainnya. Dengan memakai minyak kayu putih, maka berbagai masalah pernafasan tersebut bisa diatasi.

Yang tidak diduga adalah, minyak kayu putih ternyata bisa mengatasi sinusitis non bakteri. Hal ini disebabkan oleh minyak kayu putih yang bisa berperan sebagai anti bakteri, anti jamur, anti mikroba, anti virus, anti peradangan, sekaligus dekongestan yang melegakan saluran pernafasan. Kandungan anti bakterinya juga mampu melawan berbagi bakteri penyebab pilek dan hidung tersumbat.

Dilansir doktersehat, untuk mengatasi masalah saluran pernafasan ini, kita hanya perlu menghirup minyak kayu putih ini atau mengoleskannya pada dada yang bisa membuat tubuh lebih hangat dan rileks.

Hanya saja, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam menggunakan minyak kayu putih, khususnya pada permukaan kulit yang sedang terluka dan di beberapa bagian kulit yang sensitif seperti dekat dengan area mata.