Rabu, 11 Oktober 2017 08:54 WITA

Awas, Mandi Air Hangat Dapat Turunkan Tekanan Darah Mendadak

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Awas, Mandi Air Hangat Dapat Turunkan Tekanan Darah Mendadak

RAKYATKU.COM - Mandi di air hangat dengan durasi terlalu lama dan menggunakan air yang terlalu panas akan menghasilkan berbagai macam efek negatif pada tubuh. 

Salah satunya dapat menyebabkan tekanan darah turun mendadak. Hal ini disebabkan pembuluh darah yang melebar karena suhu yang panas. Ini menyebabkan aliran darah yang semakin deras. Hal ini dapat memberi efek positif, namun pada suhunya berlebih serta durasi yang terlalu lama, pembuluh darah di seluruh tubuh akan mengalami pelebaran yang semakin parah.

Ini akan menyebabkan penurunan tekanan darah. Untuk mengatasi hal tersebut, jantung akan memompa lebih cepat dan lebih keras lagi. Bagi Anda yang sedang mengalami tekanan darah rendah, hati-hati karena bisa jadi Anda akan mengalami pusing hingga hilangnya kesadaran.

Jika pelebaran pembuluh darah terjadi di kepala, Anda bisa saja sangat pusing, kehilangan keseimbangan, bahkan kehilangan kesadaran (pingsan). Jatuh di kamar mandi tentu merupakan hal yang ditakuti karena berisiko membentur lantai, tembok, bak mandi, dan toilet.