Rabu, 11 Oktober 2017 08:17 WITA

Cek Kesehatan Jiwa dengan 4 Indikator Ini

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cek Kesehatan Jiwa dengan 4 Indikator Ini

RAKYATKU.COM - Kesehatan jiwa seringkali dikesampingkan oleh masyarakat. Padahal selain kesehatan fisik, kesehatan jiwa atau psikis juga perlu diperhatikan.

Kesehatan jiwa meliputi kondisi emosi, psikologi, dan sosial yang seimbang. Kesehatan jiwa dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan bagaimana seseorang menghadapi stres.

Ada berbagai jenis dan tingkatan gangguan jiwa. Gangguan ini termasuk ketergantungan obat, gangguan kepribadian, gangguan cemas, dan lain-lain. Dalam tingkatan yang ringan, gangguan jiwa seringkali tidak memerlukan terapi khusus, namun gangguan jiwa yang parah perlu penanganan medis profesional.

Melalui berbagai studi dan penelitian yang berkelanjutan, kini gangguan jiwa dapat diidentifikasi melalui gejala-gejala awal, sehingga dapat dicegah dan ditangani sebelum memburuk. Berikut 4 tanda utama gangguan kesehatan jiwa yang dilansir dari Klikdokter:

1. Emosi
Seseorang yang mengalami tekanan mental biasanya merasa sedih atau berbeda. Rasa sedih yang muncul tiba-tiba tanpa sebab yang jelas selama 2 minggu atau lebih, sudah bisa dikategorikan sebagai kecenderungan depresi.

Orang tersebut juga bisa menjadi moody dan mudah tersinggung. Perhatikan apabila ada perubahan emosi yang cepat dalam waktu yang pendek, misalnya sedih lalu marah keesokan harinya, lalu berubah menjadi terlalu senang tanpa alasan.

2. Fisik
Gejala fisik awal gangguan jiwa adalah merasa lelah dan lemas terus menerus, adanya perubahan berat badan yang drastis, dan perubahan penampilan misalnya karena jarang merawat diri.

Pada seseorang dengan tekanan mental, biasanya ditemukan gangguan pola tidur dan makan yang ekstrim, misalnya tidur terus menerus atau malah insomnia. Beberapa gangguan jiwa juga dapat menyebabkan jantung berdebar, mual, sakit kepala, dan keringat berlebih.

3. Perilaku
Perubahan perilaku biasanya menjadi salah satu tanda gangguan mental yang paling mudah dikenali dari seseorang. Perubahan perilakunya bisa bermacam, namun biasanya secara ektrim menjauhi perilaku biasanya. Misalnya menarik diri dari keramaian, mengabaikan kewajiban, atau bahkan menyalahgunakan obat-obatan dan alkohol.

4. Psikologi
Seseorang yang mengalami gangguan jiwa bisa menunjukkan gangguan psikologi yang bervariasi, namun memburuk seiring waktu. Tanda psikologinya diantaranya rasa pesimis, sikap negatif terhadap orang lain dan kehidupan, sering menyalahkan diri sendiri, merasa menyesal, bahkan adanya keinginan untuk bunuh diri.

Pada seseorang dengan gangguan jiwa juga bisa ditemukan menurunnya kemampuan mengingat, sulit berkonsentrasi, dan kekhawatiran yang berlebihan. Jika dibiarkan tanpa penanganan, permasalahan psikologis dapat berujung pada kasus kejahatan seperti melakukan pencurian atau pembunuhan.