10 October 2017 19:32 WITA

Secara Global, Biaya Pengobatan Obesitas Bisa Capai Rp16.216 T pada 2025

Editor: Suriawati
Secara Global, Biaya Pengobatan Obesitas Bisa Capai Rp16.216 T pada 2025
INT

RAKYATKU.COM - Biaya untuk mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh obesitas di seluruh dunia akan mencapai $1,2 triliun (Rp16.216 triliun) setiap tahun mulai 2025, menurut Federasi Obesitas Dunia (WOF).

Obesitas dan rokok adalah dua pendorong utama dibalik meningkatnya kanker, serangan jantung, stroke dan diabetes di seluruh dunia. Mereka adalah pembunuh terbesar dunia modern.

BACA JUGA: Perancis Larang Iklan Foto 'Before After' Editan

Menurut WOF, selama delapan tahun ke depan, AS akan menghabiskan $4.2 triliun untuk mengobati penyakit terkait obesitas, Jerman akan menghabiskan $390 miliar, Brasil $251 miliar dan Inggris $237 miliar jika negara-negara ini tidak berbuat lebih banyak untuk mencegahnya.

Menurut perkiraan WOF, akan ada 2,7 miliar orang dewasa yang kelebihan berat badan dan mengalami obesitas pada tahun 2025, banyak di antaranya kemungkinan akan membutuhkan perawatan medis. Itu berarti sepertiga populasi global akan kelebihan berat badan atau obesitas.

Namun, para ahli mengatakan bahwa ada cara menyelamatkan jutaan orang obesitas dalam jangka panjang. Salah satunya adalah operasi bariatrik untuk mengurangi ukuran perut. Selain efektif dalam mengurangi nafsu makan, penelitian telah menunjukkan bahwa tindakan ini dapat membalikkan diabetes tipe 2, dan secara dramatis meningkatkan peluang hidup sehat seseorang.

Tags