09 October 2017 11:51 WITA

Ilmuan Kembangkan Obat Berharga dari Telur Ayam

Editor: Suriawati
Ilmuan Kembangkan Obat Berharga dari Telur Ayam
INT

RAKYATKU.COM - Hepatitis dan kanker merupakan penyakit yang harus diperangi dengan zat khusus. Sayangnya, memproduksi zat ini merupakan proses yang mahal, sehingga berdampak pada biaya pengobatan.

Misalnya, 44 mikrogram protein interferon beta, yang biasa digunakan untuk melawan infeksi virus, berharga sekitar $4.000 sampai $7.000 (Rp54 juta Sampai Rp94 juta).

BACA JUGA: Ilmuwan Temukan Cara untuk Ciptakan Listrik dari Air Mata

Namun, peneliti di Kansai Center of Industrial Technology Research Institute di Osaka berhasil mengembangkan metode untuk mengurangi harga tersebut menjadi kurang dari $40. Dan, kunci rahasia untuk mencapai semua ini, adalah ayam.

Dengan menggabungkan DNA ayam, tim peneliti dapat membiakkan ayam yang mengandung telur yang mengandung protein berharga yang dibutuhkan untuk penelitian dan pengembangan medis.

Dalam hal ini ayam-ayam tersebut bertelur interferon beta, yang bisa digunakan dalam perawatan medis.

Karena produksi protein dengan cara ini hanya melibatkan beternak ayam, maka biayanya sangat murah, karena hanya membutuhkan pakan ayam.

Namun, reaksi orang-orang terhadap terobosan ini bercampur aduk, di mana beberapa meragukannya.

"Berhentilah bermain-main dengan genetika, semua itu akan terlahir dalam kegagalan," tulis Sora News, mengutip seorang komentator.
 
Meskipun beberapa orang ragu, rencana untuk memproduksi protein dari unggas ini akan dilakukan secepat mungkin, bahkan dijadwalkan memasuki pasar tahun depan.

Namun, untuk tahap awal, ini hanya akan dijual sebagai bahan untuk penelitian. Ini akan memakan waktu lebih lama untuk bisa digunakan dalam pengobatan sebenarnya.