09 October 2017 04:30 WITA

Tubuh Gemuk Bisa Memicu Kanker?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tubuh Gemuk Bisa Memicu Kanker?

RAKYATKU.COM - Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia. Bagaimana tidak, angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini sangatlah tinggi. Banyak orang yang masih menganggap kanker sebagai salah satu dampak dari masalah kelebihan berat badan. Apakah hal ini benar adanya?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebutkan bahwa, 40 persen pengidap kanker ternyata adalah mereka yang mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, diketahui bahwa kenaikan berat badan sebanyak 5 kg saat usia dewasa bisa memicu kenaikan resiko terkena penyakit kanker dengan signifikan. 

Selain itu, dua pertiga dari mereka yang menderita kanker dan terkait dengan masalah obesitas ternyata sudah berusia diantara 50 hingga 74 tahun. Kebanyakan dari penderita kanker ini juga adalah wanita.

Badan Internasional Untuk Penelitian Kanker menyebutkan bahwa masalah kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko 13 jenis kanker, yakni kanker mulut dan kerongkongan, kanker endometrium, kanker kolorektal, kanker kandung empedu, kanker perut, kanker ginjal, kanker hati, kanker ovarium, kanker pankreas, kanker tiroid, kanker kulit, dan meningioma. 

Hal ini disebabkan oleh kemampuan masalah berat badan dalam mengubah kadar insulin, hormon pertumbuhan, dan hormon seks pada tubuh yang ternyata bisa mendukung perkembangan sel kanker dengan pesat.

Tiga jenis kanker yang paling sering terkait dengan masalah obesitas adalah kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker endometrium. Ketiga jenis kanker ini dikenal sangat sulit untuk diobati dan sangat mematikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita menjaga berat badan tetap ideal dan menjaga gaya hidup tetap sehat agar tidak mudah terkena kanker.

Tags