Minggu, 08 Oktober 2017 18:51 WITA

Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Manfaat Berenang untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Berenang disebut sebagai latihan sempurna. Kenapa? Karena Anda bisa mendapatkan semua manfaat latihan aerobik tanpa ada dampak merusak pada sendi, dan itu bisa dilakukan oleh orang tua bahkan anak kecil sekalipun.

Selain itu, olahraga ini tidak membutuhkan peralatan mewah, selain hanya pakaian renang dan kolam.

BACA JUGA: 5 Cara Terlihat Bugar Meski Kurang Tidur

Tak cuma itu saja, berenang memiliki banyak keuntungan lainnya untuk kesehatan, berikut diantaranya:

1. Meningkatkan kekuatan otot
Perenang dapat meningkatkan kekuatan otot di seluruh tubuh. Ini jauh lebih baik daripada pelari yang hanya membentuk otot di kaki saja. 

2. Membantu Anda tetap fleksibel
Berenang mengharuskan Anda meregangkan, dan memutar bagian bagian tubuh tertentu. Hal ini bisa berdampak pada tubuh yang fleksibilitas.

3. Mengurangi peradangan
Penelitian telah menemukan bahwa berenang bisa mengurangi peradangan yang menyebabkan aterosklerosis terbentuk di jantung. Dengan berkurangnya peradangan di seluruh sistem, maka perkembangan penyakit bisa diminimalisir.

Manfaat Berenang untuk Kesehatan

4. Membakar kalori
Semua orang tahu bahwa berenang adalah cara yang hebat untuk membakar kalori, tapi banyak yang tidak menyadari bahwa kegiatan ini sama efisiennya seperti latihan di atas treadmill. Berenang juga bisa membakar kalori yang sama atau lebih banyak daripada berlari.

5. Meringankan gejala asma
Berenang memungkinkan Anda menghirup udara lembab saat Anda berlatih. Aktifitas ini tidak hanya membantu meringankan gejala asma, tapi penelitian telah menunjukkan bahwa itu bisa memperbaiki keseluruhan kondisi paru-paru.