08 October 2017 08:46 WITA

Mitos Seputar Penglihatan yang Tidak Perlu Anda Percayai

Editor: Suriawati
Mitos Seputar Penglihatan yang Tidak Perlu Anda Percayai
INT

RAKYATKU.COM - Mitos merupakan suatu pandangan yang menyebar tanpa pernah dibuktikan secara ilmiah. Kadang-kadang, mitos ada benarnya, namun tidak jarang juga berisi sesuatu yang tidak harus Anda percaya.

Salah satu mitos yang paling banyak berkembang, adalah seputar penglihatan. Karena ini berhubungan dengan kesehatan, maka beberapa orang pasti akan mencamkannya.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Otak dengan Cukup Tidur

Tapi, seperti dilansir dari Boldsky, ada beberapa mitos seputar penglihatan, yang harus Anda abaikan. Berikut di antaranya:

1. Melihat matahari baik untuk kesehatan
Matahari memancarkan radiasi ultraviolet yang bisa menembus mata. Paparan konstan terhadap UVA dan UVB dapat meningkatkan risiko kondisi mata seperti retinopati, sengatan sinar matahari kornea dan pterygium.

2. Penglihatan buruk bisa diwarisi
Ini hanya salah paham. Memang benar bahwa penyakit diwariskan, tapi itu tidak berarti hal itu selalu menjadi kenyataan. Hal ini juga tergantung pada faktor-faktor seperti gaya hidup, profesi, kebiasaan dan tingkat stres mata.

3. Kacamata membuat situasi lebih buruk
Pada kenyataannya, kaca mata hanya membantu mata untuk menyesuaikan diri dengan ketajaman yang diperlukan. Kacamata bukan mesin latihan atau obat, tapi sesuatu yang membantu Anda mengatur cacat mata dan melihat dengan baik.

4. Membaca saat baring tidak baik
Penelitian terbaru membuktikan bahwa orang yang rentan terhadap miopia (kondisi dimana seseorang dapat melihat objek yang dekat namun penglihatan jarak jauh kurang baik) bisa mengalami penyakit ini pada tingkat yang lebih lambat jika sering membaca sambil baring telentang.

5. Membaca di tempat gelap bisa merusak penglihatan
Batang retina adalah fotoreseptor yang dapat membantu Anda melihat dengan jelas di tempat yang redup. Ini memberi Anda kemampuan alami untuk melihat dalam situasi yang tidak terlalu terang.

6. Menyipitkan mata bisa merusak penglihatan
Saat kita menyipitkan mata, kita membiarkan sedikit cahaya di mata dan membuat bola mata jadi lebih kecil. Ini tidak akan menyebabkan kerusakan penglihatan permanen, namun Anda bisa mengalami sakit kepala akibat kontraksi otot.

7. Kebutaan merupakan bagian penuaan
Penglihatan bukan cerminan usia, kecuali katarak. Tidak semua orang akan mengalami ini, tapi itu memang terjadi seiring bertambahnya usia.