07 October 2017 08:32 WITA

Jangan Menyeduh Teh Lebih Lama dari 4 Menit

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Jangan Menyeduh Teh Lebih Lama dari 4 Menit

RAKYATKU.COM - Anda termasuk dalam orang yang gemar minum teh? Seberapa lama anda menyeduh teh dalam gelas anda? Kebanyakan orang akan membiarkan kantung teh celup ini pada gelasnya dalam waktu yang lama agar teh menjadi lebih merah. 

Hal ini dianggap mampu membuat teh yang dikonsumsi terasa jauh lebih nikmat. Sayangnya, menurut pakar teh, minuman ini sebaiknya tidak diseduh terlalu lama.

Salah seorang pemilik gerai minuman teh di Jakarta bernama Merisha Ayu Permata menyebutkan bahwa tak hanya menenangkan pikiran, teh juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang bisa mencegah berbagai macam penyakit. Merisha sendiri menyarankan kita untuk memilih teh hijau yang kaya akan kandungan asam amino dan rendah kalori sehingga cocok untuk dijadikan menu diet.

Hanya saja, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari teh yang kita konsumsi, Merisha menyebutkan bahwa ada baiknya kita mempersiapkan dan menyajikan teh dengan benar. Menurutnya, waktu menyeduh teh maksimal adalah 4 menit.

Mengapa 4 menit? Merisha menyebutkan bahwa durasi menyeduh teh ini akan membuat teh yang kita konsumsi memiliki kualitas rasa dan nutrisi yang terbaik. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kebiasaan masyarakat tanah air yang cenderung hanya berpedoman pada warna teh saja saat diseduh. 

Bahkan, banyak orang yang sengaja tetap menempatkan kantung teh pada minuman yang mereka konsumsi hingga habis diminum. Hal ini ternyata bisa menurunkan cita rasa teh tersebut sekaligus membuat nutrisinya tidak sebaik saat kita menyeduhnya selama 4 menit saja.

Tags