Rabu, 20 September 2017 10:42 WITA

Catat, Minum Sambil Berdiri Dapat Berakibat Fatal

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Catat, Minum Sambil Berdiri Dapat Berakibat Fatal

RAKYATKU.COM - Sebaiknya anjuran makan dan minum sambil berdiri tidak diabaikan. Bukan tanpa alasan, ternyata makan dan minum sambil berdiri dapat berakibat fatal pada tubuh.

Sejumlah masalah kesehatan disebut bisa terjadi bila minum dilakukan sambil berdiri. Berikut dampak fatal yang bisa terjadi, yang dilansir dari liputan6.

1. Memicu arthritis
Penyakit arthritis disebabkan karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi, hal ini memicu peradangan pada sendi. Selain terjadi peradangan, arthritis menyebabkan kaku sehingga dapat terjadi pembengkakan di bagian sendi. Penyakit pada sendi seperti arthritis dapat menyulitkan penderitanya untuk bergerak secara bebas. 

2. Naiknya asam lambung
Jika kita sering minum pada posisi berdiri, bagian tubuh yang paling terkena dampaknya adalah bagian lambung. Yakni mengakibatkan naiknya asam lambung, karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (sphincter) yang menuju ke lambung.

Hal ini mengakibatkan tercampurnya asam dalam lambung naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas pada bagian perut. Selain itu, minum berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam pencernaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung dapat berbahaya bagi sistem pencernaan lainnya.

3. Merusak ginjal
Selain lambung, minum berdiri juga dapat berbahaya bagi ginjal. Karena penyaringan yang tidak sempurna dapat merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Hal ini akan mengarah pada gangguan saluran kandung kemih.

4. Saraf tegang
Hal buruk lainnya yang dapat terjadi ketika minum berdiri adalah tegangnya urat saraf. Saat kita berdiri, sistem urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Namun jika Anda minum saat duduk dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang menenangkan pikiran dan meringankan proses pencernaan.