17 September 2017 09:04 WITA

Nonton Film Horor Berbahaya untuk Kesehatan, Benarkah?

Editor: Fathul Khair Akmal
Nonton Film Horor Berbahaya untuk Kesehatan, Benarkah?

RAKYATKU.COM - Meskipun termasuk dalam genre film yang laris di pasaran, cukup banyak orang yang memilih untuk tidak menonton film karena disebut-sebut bisa membuat jantungan. Sebenarnya, apakah memang film horor bisa berefek buruk bagi kesehatan tubuh?

Dilansir doktersehat.com, Glenn Sparks yang berasal dari Purdue University melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui dampak fisiologi pada orang-orang yang menonton film horror. Hasilnya adalah, menonton film horror akan meningkatkan denyut jantung hingga 15 kali dalam 1 menitnya. 

Selain itu, suhu tubuh akan menurun, telapak tangan akan berkeringat, otot akan semakin menegang, dan tekanan darah akan meningkat.

Menurut Sparks, saat menonton film horor, tubuh akan menjadi lebih waspada dan memberikan respons siap untuk melawan, respons yang juga terjadi saat kita sedang stress. Hal inilah yang membuat aliran darah pada jantung atau otot menurun sehingga kita juga akan merasakan sensasi merinding.

Meskipun terlihat buruk bagi kesehatan, penelitian lain yang dilakukan di University of Westminster menyebutkan bahwa menonton film horor selama 90 menit akan memicu peningkatan adrenalin sekaligus membakar 113 kalori, jumlah yang setara dengan berjalan kaki selama 30 menit. 

Semakin menakutkan film tersebut, semakin banyak pula kalori yang dibakar. Peningkatan hormone adrenalin ini ternyata juga akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang akan membantu proses penurunan berat badan.

Manfaat lain dari menonton film horor adalah pelepasan emosi negatif. Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh Profesor Mark Griffiths dari Nottingham Trent University. Hal ini tentu bisa membuat kesehatan psikis kita menjadi semakin membaik.

Sayangnya, penelitian yang dilakukan di University of Maryland juga menyebutkan dampak buruk dari menonton film horor bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung. Rasa takut dan stress saat menontonnya bisa memicu penyempitan pembuluh darah yang tentu akan berbahaya bagi kesehatannya.

Melihat adanya fakta ini, jika anda memang tidak memiliki masalah kesehatan jantung, anda sebenarnya masih boleh-boleh saja menonton film horor.