Sabtu, 16 September 2017 23:29 WITA

Dokter Kolonoskopi Dirinya Sendiri untuk Memahami Rasa Sakit Pasien

Editor: Suriawati
Dokter Kolonoskopi Dirinya Sendiri untuk Memahami Rasa Sakit Pasien
Dr. Feng Zhuo menjadi pasien atas dirinys sendiri

RAKYATKU.COM - Tanyakan kepada siapa saja yang pernah menjalani kolonoskopi, maka mereka akan mengatakan bahwa itu adalah salah satu hal paling menyakitkan dan tidak nyaman yang pernah mereka alami. 

Meskipun prosedur itu tidak menyenangkan, namun itu adalah cara yang paling efektif untuk mendeteksi penyakit usus, seperti kanker usus besar.

BACA JUGA: Musisi Ini Main Gitar Saat Otaknya Dioperasi

Nah, karena alasan ingin lebih memahami apa yang dialami pasiennya, seorang proctologist di sebuah rumah sakit Shanghai, baru-baru ini melakukan kolonoskopi selama 15 menit pada dirinya sendiri.

Dokter Kolonoskopi Dirinya Sendiri untuk Memahami Rasa Sakit PasienPada tanggal 31 Agustus, Dr. Feng Zhuo menjadi pasien atas dirinya sendiri, dengan memasukkan kolonoskop ke anusnya dan membimbingnya melalui usus besarnya, hanya untuk mengetahui bagaimana rasanya.

Feng mengatakan bahwa dia hanya ingin merasakan kolonoskopi sehingga dia bisa memperbaiki kemampuan bedahnya agar prosedurnya lebih nyaman untuk pasiennya.

Setelah melakukan prosedur itu, Zhuo memposting catatan rinci tentang pengalamannya di WeChat, dengan menekankan bahwa dokter harus melakukan kolonoskopi dengan sangat lembut agar tidak menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Ia juga merekomendasikan penggunaan obat pencahar yang lebih baik.