16 September 2017 20:37 WITA

Wanita Dua Kali Lebih Mungkin Kurang Tertarik Pada Seks

Editor: Suriawati
Wanita Dua Kali Lebih Mungkin Kurang Tertarik Pada Seks
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah studi baru-baru ini mengenai sikap seksual Inggris menemukan bahwa wanita dua kali lebih mungkin tidak tertarik pada seks saat tinggal dengan pasangan.

Dalam studinya, peneliti menganalisis temuan dari Survei Nasional Sikap Seksual dan Gaya Hidup yang ketiga, atau Natsal-3, studi ilmiah terbesar terkait kesehatan seksual di Inggris. Ini dilakukan oleh ilmuwan di University College London, London School of Hygiene & Tropical Medicine dan NatCen Social Research.

BACA JUGA: Berhubungan Intim Terlalu Sering, Berbahaya Lho!

Penelitian ini melibatkan 6.669 wanita dan 4.839 pria berusia 16 sampai 74 tahun. Hasilnya, peneliti menemukan 34 persen wanita dan 15 persen pria melaporkan kurangnya minat seks dalam hubungan satu tahun atau kurang. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa 62 persen wanita dan 53 persen pria tersebut dilaporkan tertekan oleh kurangnya minat seksual mereka.

Penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab wanita kehilangan minat seks, karena mereka tidak berbagi dengan pasangan tentang apa yang mereka sukai dan tidak sukai dalam berhubungan intim.

Sementara minat seksual yang rendah pada pria disebabkan oleh penyakit menular seksual pada tahun lalu, kesehatan mental atau fisik yang buruk, dan kurangnya kedekatan emosional dengan pasangannya.

"Temuan kami menunjukkan pentingnya konteks relasional dalam memahami minat seksual yang rendah baik pada pria maupun wanita," kata Profesor Cynthia Graham, dari Pusat Penelitian Kesehatan Seksual di University of Southampton.

"Bagi wanita khususnya, kualitas dan lamanya hubungan dan komunikasi dengan pasangan mereka penting dalam pengalaman mereka akan ketertarikan seksual."

Penelitian ini  dipublikasikan pada hari Kamis di BMJ Open.

Tags
Seks