16 September 2017 19:46 WITA

FDA Setujui Pengobatan Biosimilar Pertama untuk Kanker

Editor: Suriawati
FDA Setujui Pengobatan Biosimilar Pertama untuk Kanker
INT

RAKYATKU.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengumumkan persetujuan biosimilar pertama untuk pengobatan beberapa jenis kanker, pada hari Kamis (14/09).

Dilansir dari UPI, FDA menyetujui Mvasi, atau bevacizumab-awwb, sebagai biosimilar untuk Avastin, atau bevacizumab untuk pengobatan kanker kolorektal, paru-paru, otak, ginjal dan cervical tertentu pada orang dewasa.

BACA JUGA: Gejala Kanker yang Jarang Diketahui

Biosimilar adalah adalah obat-obatan biologi yang dibuat mengikuti produk penemuan asli yang sudah habis masa patennya, dan tidak memiliki perbedaan bermakna secara klinis terkait dengan keamanan, kemurnian atau potensi dari produk aslinya.

"Membawa biosimilars baru ke pasien, terutama untuk penyakit dimana biaya perawatan yang ada bisa tinggi, merupakan cara penting untuk membantu memacu persaingan yang dapat menurunkan biaya perawatan kesehatan dan meningkatkan akses terhadap terapi penting," kata Komisaris FDA Dr. Scott Gottlieb.

"Kami akan terus bekerja keras untuk memastikan bahwa obat biosimilar dibawa ke pasar dengan cepat, melalui proses yang memastikan bahwa obat baru ini memenuhi standar FDA yang ketat untuk keamanan dan efektivitas."

Tags
Kanker