Sabtu, 16 September 2017 14:56 WITA

Mengenal Fibromyalgia, Penyakit Kronis yang Diidap Lady Gaga

Editor: Suriawati
Mengenal Fibromyalgia, Penyakit Kronis yang Diidap Lady Gaga
Lady Gaga

RAKYATKU.COM - Fibromyalgia adalah kelainan aneh yang mempengaruhi lebih banyak wanita daripada pria, dengan margin hampir 80 sampai 90 persen. Sekarang, penyanyi Lady Gaga telah mengungkapkan bahwa dia menderita kondisi kronis ini.

Tapi apa itu fibromyalgia? Dan mengapa Netflix bekerja sama dengan bintang ini untuk menghasilkan film dokumenter tentang gangguan tersebut?

BACA JUGA: Dicerca Karena Perutnya, Ini Tanggapan Lady Gaga

Fibromyalgia atau Gangguan Nyeri Kronis Fibromyalgia adalah kelainan muskuloskeletal yang menyebabkan nyeri hingga gangguan tidur yang parah.

Sayangnya, tidak ada yang tahu pasti penyebabnya. Tapi yang kita tahu, ini memiliki banyak faktor risiko, seperti riwayat kesehatan keluarga, trauma fisik (kecelakaan dan luka), trauma emosional (kematian dan perceraian), dan infeksi.

Faktanya, wanita yang menderita Lupus dan Rheumatoid Arthritis telah diketahui dapat mengembangkan kondisi ini juga.

Fibromyalgia ditandai dengan nyeri konstan di seluruh tubuh yang berlangsung selama lebih dari 3 bulan pada satu peregangan. Mereka yang menderita kelainan ini merasa lelah dan letih bahkan jika mereka cukup tidur.

Gangguan tidur fibromyalgia yang paling mengkhawatirkan adalah rasa sakit konstan yang menyebabkan tidur terganggu. Ini juga diyakini dapat menyebabkan masalah lain seperti Restless Leg Syndrome (dorongan untuk terus menggerakkan kaki saat Anda sedang beristirahat) dan Sleep Apnea atau kesulitan bernapas saat tidur.

Mengenal Fibromyalgia, Penyakit Kronis yang Diidap Lady GagaRasa sakit yang terus menerus ditimbulkan oleh fibromyalgia juga bisa membuat penderitanya merasa sulit untuk berkonsentrasi pada tugas yang memerlukan fokus mental.

Stimulasi konstan reseptor rasa sakit pada fibromyalgia dan perubahan otak yang diakibatkannya, dapat memicu banyak masalah lain, salah satunya adalah sindrom iritasi usus besar (kram perut, nyeri, diare, dan gas).

Tapi, apa yang bisa dilakukan dokter adalah mengurangi rasa sakit ini? Berbagai obat bisa digunakan untuk meringankan gejala fibromyalgia, termasuk obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan parasetamol, serta obat anti depresan, dan obat anti-epilepsi. Dokter juga bisa melakukan fisioterapi untuk mengurangi kelelahan, dan meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan stamina tubuh.

Yoga juga bisa menjadi alternatif. Meskipun tidak seefektif obat-obatan dan fisioterapi, yoga memang menunjukkan hasil yang baik selama dipraktikkan secara teratur.