Sabtu, 16 September 2017 13:11 WITA

Cara Kurangi Nyeri Saat Sakit Gigi

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Kurangi Nyeri Saat Sakit Gigi

RAKYATKU.COM - Sakit gigi sering kali membuat orang uring-uringan, dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Saat sakit gigi menyerang, tentu yang terpikirkan pertama adalah segera membuatnya reda. Banyak cara untuk mengurangi nyeri saat sakit gigi. Berikut caranya yang dikutip dari Klik Dokter:

1. Menempelkan koyo
Menempelkan koyo salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mengurangi nyeri saat sakit gigi. Koyo cukup populer, mengingat harga yang murah dan reaksinya cukup cepat untuk meredakan nyeri.

2. Berkumur dengan larutan air garam hangat
Menurut sebuah jurnal kedokteran gigi di Inggris, hawa panas dari larutan air garam memiliki efek meningkatkan sirkulasi darah di bagian gigi. Hal tersebut membantu penyembuhan lebih cepat. Caranya sangat mudah, cukup sediakan setengah gelas kecil air putih hangat, lalu  tambahkan garam satu sendok makan pada air tersebut dan aduk hingga rata. Gunakan untuk berkumur selama 1 menit selama 2-3 kali sehari.

3. Gunakan obat anti nyeri
Obat anti neri untuk redakan sakit gigi, dapat ditemui dalam bentuk krim atau gel, larutan kumur, maupun bentuk tablet. Obat anti nyeri ini cukup ampuh dalam meredakan sakit gigi. Adapula dalam bentuk lembaran tipis kecil dan ditempel di gusi Obat ini mengandung 10-20% lidocaine. Membantu mengurangi rasa nyeri dengan membuat saraf gigi menjadi mati rasa. Menurut penelitian di University of Ohio, obat ini 45 kali lipat lebih ampuh dibandingkan bentuk gel.

4. Kompres dingin dengan es batu
Kompres pada daerah gigi yang sedang sakit, tahan di samping pipi dengan posisi yang sama selama minimal 20 menit. Lakukan setiap 4 jam sekali untuk membantu mengurangi rasa nyeri.

5. Menggunakan minyak cengkeh
Minyak cengkeh mengandung zat antiseptik, antiradang, dan anti nyeri. Teteskan pada kapas steril bulat kecil, kemudian tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Minyak cengkeh ini bisa dibeli di apotek atau toko obat.