Senin, 18 April 2016 15:47 WITA

Tak Perlu Jauh Ke Luar Negeri, Terapi Stem Cell Bisa di Makassar

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Wiwi Amaluddin
Tak Perlu Jauh Ke Luar Negeri, Terapi Stem Cell Bisa di Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kabar gembira... bagi masyarakat Sulawesi Selatan yang mengalami gangguan kesehatan, khususnya di bagian sel, tentu mengharuskan mencari tindakan secepat mungkin, sebelum penyakit di dalam tubuh kian parah. Banyak orang yang mengalami gangguan sel, mengambil tindakan dengan mengganti sel yang rusak, yang hilang, atau mungkin meningkatkan kemampuan dengan sel induk sesuai sel yang menjadi kebutuhan tubuh.

Sayangnya, tindakan kesehatan tersebut, dulu belum bisa diterapkan di kota Makassar. Sehingga, banyak dari masyarakat seputar Sulawesi Selatan, membuang waktu dan menghabiskan banyak biaya, demi sebuah tindakan kesehatan pada sel yang hanya ada di Ibu Kota, Jakarta, dan sejumlah negara maju di dunia. 

Seiring perkembangan teknologi informasi, terhitung hari ini, Senin (18/4/2016), tindakan menyehatkan badan dengan mengembalikan sel yang disebut terapi Stem Cell itu, sudah bisa dinikmati di Rumah Sakit Unhas, Jalan Perintis Kemerdekaan Kilometer 14, kota Makassar.

"Terapi Stemcell di Makassar sudah bisa. Tidak perlu lagi bayar mahal-mahal ke luar negeri," kata Dr dr Vonny Josh, Dokter Spesialis Bedah Plastik, seusai melakukan audiens dengan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Senin (18/4/2016).

Dijelaskannya, bahwa Stem Cell adalah bagian dari manusia. Seluruh tubuh manusia memiliki Stem Cell. Pada saat berada di dalam kandungan dan belum berbentuk, manusia adalah Stem cell. Dalam hal ini, Stem cell berasal dari embrionik.

loading...

"Tubuh kita punya asal muasal yang namanya Stemcell. Pada saat kita mengambil kulit, lemak, atau sumsum tulang, itu bisa di processing ke bentuk awal lagi yang bisa membelah menjadi struktur jaringan,"Ungkap dr Vonny, merinci.

Misal, kata dia, pada saat seseorang menderita sakit jantung. Maka lemak dapat diambil, kemudian di proses oleh stem cell. Setelah itu, kembali dimasukkan ke dalam tubuh.

"Stemcell ini akan membelah menjadi jaringan di mana tempat dia berada, sehingga pada pembelahan itu, jaringan yang kosong dan membuat tubuh terserang penyakit, akan diisi kembali. Nah, pada tahapan inilah proses penyembuhan pada tindakan stem cell,"tukasnya

Loading...
Loading...