16 September 2017 11:33 WITA

Jangan Suka Telat Makan Agar Tak Mengalami 6 Hal Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Jangan Suka Telat Makan Agar Tak Mengalami 6 Hal Ini
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Aktivitas padat membuat banyak orang yang telat makan atau melewatkan waktu makan. Meskipun terlihat seperti hal yang sepele, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan telat makan ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti sebagai berikut.

1. Diabetes

Kebiasaan makan dengan tidak teratur atau telat makan ternyata bisa membuat sel hati akhirnya berhenti bereaksi dengan insulin. Hal ini akan membuat hati tidak lagi mendapatkan sinyal untuk berhenti memproduksi glukosa dan terus mengirimnya pada darah. Alhasil, kadar glukosa dalam darah menjadi sangat berlebihan dan akhirnya bisa memicu diabetes tipe 2.

2. Bau mulut

Karena telat makan, maka produksi air liur juga akan menurun. Hal ini akan membuat bakteri di dalam mulut akan berkembang biak dengan pesat dan akhirnya memicu bau mulut.

3. Sakit kepala

Melewatkan waktu makan bisa berimbas pada menurunnya kadar gula dalam darah dan akhirnya membuat tubuh melepas hormon yang bisa membuat pembuluh darah semakin sempit.

Dilansir doktersehat, hal ini bisa memicu peningkatan tekanan darah dan akhirnya menyebabkan sakit kelapa, mual-mual, dan tubuh yang mudah lelah.

4. Tekanan darah yang tidak stabil

Demi mengimbangi penurunan kadar gula dalam darah, tubuh pun akan melepaskan hormon tertentu yang bisa membuat tekanan darah menjadi tidak stabil.

5. Stress

Melewatkan waktu makan akan membuat tubuh kekurangan energi demi menjaga berjalannya berbagai sistem atau kinerja organ tubuh. Hal ini bisa memicu stress dan perubahan suasana hati. Tak hanya mengganggu kinerja otak, kita juga akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, depresi, dan diabetes.

6. Menurunkan sistem metabollisme

Tidak makan dengan teratur akan membuat sistem metabolisme tubuh semakin menurun dan hal ini justru akan memicu kenaikan berat badan.