14 September 2017 08:52 WITA

Payudara Ternyata Bisa Mengungkap Kondisi Kesehatan Anda

Editor: Suriawati
Payudara Ternyata Bisa Mengungkap Kondisi Kesehatan Anda
INT

RAKYATKU.COM - Tahukah Anda bahwa payudara Anda dapat memberitahu banyak tentang apa yang terjadi di dalam tubuh Anda? Memperhatikan aset yang satu ini Anda adalah cara yang baik untuk memantau kesehatan Anda secara keseluruhan.

Perubahan dalam diet, olahraga dan gaya hidup dapat menyebabkan perubahan halus pada payudara. Oleh karena itu, jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

BACA JUGA: Hasil Penelitian, Rajin Minum Teh Bisa Cegah Tumor Payudara

Berikut beberapa kondisi kesehatan terkait dengan payudara:

Gatal dan nyeri
Gatal dan nyeri payudara biasanya disebabkan oleh sindrom pra-menstruasi atau PMS. Jika Anda menderita sakit payudara sebelum menstruasi, Anda mungkin harus menanggung rasa sakit ini selama bertahun-tahun yang akan datang.

Perubahan abnormal
Perubahan payudara yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan biasanya mengindikasikan masalah kesehatan mendasar yang lebih serius. Benjolan, atau puting lepas adalah hal yang tidak boleh Anda abaikan dan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

Puting terbalik
Puting terbalik normal jika memang selalu seperti itu. Masalahnya adalah jika ini terjadi tiba-tiba, maka Anda perlu segera ke dokter. Kanker payudara adalah salah satu alasan utama terjadinya kondisi ini.

Perubahan warna
Sebagian besar kanker payudara stadium lanjut dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Tapi perubahan warna juga merupakan tanda kehamilan saat puting dan areola membesar.

Perubahan ukuran
Peningkatan ukuran payudara dapat disebabkan oleh penambahan berat badan, pil KB dan perubahan hormon selama siklus bulanan. Ini umumnya menunjukkan kenaikan berat badan, sebaliknya, penurunan ukurannya juga menunjukkan penurunan berat badan. Ukuran payudara juga bisa meningkat sesaat sebelum menstruasi atau jika sedang hamil.

Perubahan bentuk
Diet dan fluktuasi berat badan yang ekstrem dapat meningkatkan risiko payudara tidak kencang. Namun, ini juga bisa berubah seiring bertambahnya usia, karena ligamen mulai meregang dan kulit Anda mulai kehilangan elastisitasnya.