Rabu, 13 September 2017 11:42 WITA

Gatal Pada Telapak Kaki? Waspadai Masalah Kesehatan Ini

Editor: Adil Patawai Anar
Gatal Pada Telapak Kaki? Waspadai Masalah Kesehatan Ini

RAKYATKU.COM - Kadangkala telapak kaki kita terasa sangat gatal. Namun, karena kecenderungan kulit telapak kaki yang tebal, maka kita kesulitan untuk menggaruk bagian telapak kaki tersebut. Apa sebenarnya penyebab dari gatal-gatal pada telapak kaki ini?

Jamur
Dilansir doktersehat.com, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab paling sering dari gatal-gatal pada telapak kaki adalah infeksi jamur. Biasanya, infeksi jamur ini menyerang bagian telapak serta diantara jari-jari kaki. Yang menjadi masalah adalah, infeksi jamur ini bisa menular melalui penggunaan sandal secara bergantian atau penggunaan tempat yang cenderung lembab dan basah seperti kamar mandi atau ruang ganti.

Kudis
Kudis memang cenderung kerap menyerang telapak kaki, telapak tangan, kulit kepala, leher, serta wajah. Bahkan, orang dewasa bisa mengalami kudis pada bagian lipatan kulit layaknya pada bagian bawah payudara atau ketiak. Untuk mengatasi masalah kudis ini, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kudis pada dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Infeksi bakteri pitted keratoysis
Bakteri ini bisa memicu infeksi pada telapak kaki yang menunjukkan gejala berupa gatal-gatal serta bau menyengat yang mirip dengan ikan busuk. Bahkan, dalam beberapa kasus, kaki juga bisa terasa nyeri. Untuk mengobati masalah infeksi bakteri ini, ada baiknya kita meminta saran pada dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Kaki atlet
Dalam sebuah penelitian kesehatan yang hasilnya dipublikasikan pada tahun 2013 dalam jurnal berjudul The Foot, disebutkan bahwa salah satu penyebab gatal-gatal pada telapak kaki adalah masalah kaki atlet. Penyebab dari masalah kesehatan yang juga disebut sebagai tenia pedis ini adalah infeksi jamur yang memang kerap terjadi pada atlet atau mereka yang kerap mandi tanpa memakai alas kaki. Beruntung, untuk mengatasi masalah kaki atlet ini, kita hanya perlu merendam kaki pada teh hijau atau menggunakan obat krim anti jamur.