Rabu, 13 September 2017 05:30 WITA

Berbahayakah Makan Nasi, Lauknya Pakai Mie Instan?

Editor: Fathul Khair Akmal
Berbahayakah Makan Nasi, Lauknya Pakai Mie Instan?

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang mengkonsumsi nasi, lauknya  mie instan saat tidak menemukan lauk lainnya, atau ingin segera mengenyangkan perut. Sebagai contoh, saat sarapan pagi, dimana kita hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk memasak makanan, maka mie instan pun akan dijadikan opsi yang simpel untuk dijadikan lauk. 

Sebenarnya, apakah berbahaya jika kita kerap mengkonsumsi nasi campur mie instan?

Dikutip dari doktersehat.com, pakar kesehatan gizi Dr Samuel Oetoro menyebutkan, mengkonsumsi keduanya memang bisa sangat mengenyangkan. Namun, mencampur kedua makanan ini bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan. 

Sebagaimana diketahui, nasi adalah sumber karbohidrat. Sementara itu, mie instan juga kaya akan kandungan karbohidrat karena bahannya yang berupa tepung yang diolah berulang kali. Jika kita mengkonsumsi keduanya, maka gula darah pun akan cepat naik.

Menurut dokter yang berasal dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi ini, kerap mengkonsumsi nasi campur mie instan akan membuat tubuh kita hanya akan mendapatkan asupan karbohidrat saja namun tidak akan mendapatkan asupan lain seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak dengan cukup. Hal ini ternyata bisa meningkatkan resiko terkena diabetes dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, Dr Samuel pun sangat tidak merekomendasikan konsumsi nasi putih dengan lauk mie instan. Hanya saja, jika anda sudah terlanjur suka atau tidak lagi memiliki pilihan lain karena tidak ada bahan lauk lainnya, setidaknya anda mencoba untuk mengurangi frekuensi konsumsi keduanya secara bersamaan.