13 September 2017 02:00 WITA

Berhubungan Intim Terlalu Sering, Berbahaya Lho!

Editor: Fathul Khair Akmal
Berhubungan Intim Terlalu Sering, Berbahaya Lho!
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Bagi pasangan yang sudah menikah, seks memang bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Sebagian orang bahkan mengaku bisa melakukannya hingga beberapa kali dalam sehari. 

Sayangnya, dikutip dari doktersehat.com, menurut pakar kesehatan, ada resiko yang akan kita dapatkan jika kita melakukannya terlalu sering seperti sebagai berikut.

1. Memicu lecet-lecet atau memar
Berhubungan intim terlalu sering berarti semakin sering pula terjadi gesekan pada organ vital, apalagi jika kita cenderung melakukannya dengan kasar. Hal ini akan memicu lecet-lecet atau memar yang tentu akan sangat menyakitkan.

2. Rasa nyeri pada organ vital
Gesekan pada dinding vagina saat mendapatkan penetrasi dari pasangan ternyata bisa memicu rasa nyeri, apalagi jika hal ini terjadi terlalu sering.

3. Infeksi saluran kencing
Bagi kaum hawa, terlalu sering melakukan hubungan intim bisa berimbas pada meningkatnya resiko terkena infeksi saluran kencing. Tak hanya membuat organ vital terasa sakit, hal ini juga bisa membuat tubuh wanita demam dan tidak karuan.

4. Resiko penis patah
Terlalu sering melakukan hubungan intim bisa membuat penis patah. Biasanya, hal ini akan ditandai dengan suara retakan yang kemudian diiringi dengan hilangnya ereksi pada batang penis dan munculnya rasa nyeri yang luar biasa.

5. Kelelahan
Berhubungan intim menguras energi yang sangat besar sehingga kerap melakukannya tentu akan membuat kita kelelahan. Tak hanya karena tubuh yang aktif bergerak, selama melakukannya, tubuh melepaskan hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin yang akan membuat denyut jantung meningkat sekaligus melepas glukosa dalam darah. Hal inilah yang membuat tubuh terasa sangat lelah setelah melakukannya.

6. Gangguan klimaks
Bagi pria yang sudah terlalu sering melakukan hubungan intim, maka mereka juga akan mengalami kesulitan untuk mencapai klimaks atau orgasme. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kelelahan sekaligus sudah habisnya air mani pada tubuh. Untuk mendapatkan kemampuan orgasme ini kembali, mau tidak mau pria harus beristirahat dari aktifitas seksualnya sementara waktu.

7. Menurunnya daya tahan tubuh
Berhubungan intim terlalu sering akan membuat tubuh melepas hormon prostaglandin E-2 pada darah yang bisa memicu penurunan daya tahan tubuh, kerusakan jaringan, nyeri pada saraf dan otot, serta penurunan sensasi rangsangan seksual.

8. Serangan jantung
Kasus serangan jantung saat berhubungan intim memang sangat jarang terjadi. Namun, dengan terus melakukannya meskipun tubuh sedang dalam kondisi yang lelah, maka hal ini bisa membahayakan kesehatan jantung.