Selasa, 12 September 2017 23:25 WITA

Ingin Tidur Nyenyak? Perbaiki Kualitas Pertemanan Anda!

Editor: Suriawati
Ingin Tidur Nyenyak? Perbaiki Kualitas Pertemanan Anda!
INT

RAKYATKU.COM - Penelitian telah menunjukkan bahwa kualitas hubungan kita dapat menentukan seberapa sehat kita, seberapa baik kita pulih dari penyakit dan bahkan berapa lama kita hidup.

Namun, sedikit yang diketahui tentang bagaimana hubungan dengan sesama mempengaruhi tidur. Karena itu, peneliti mulai mempelajari bagaimana hubungan dengan teman dan keluarga mempengaruhi tidur, terutama di kalangan remaja dan orang dewasa.

BACA JUGA: Terapi Online Bisa Membantu Mengurangi Insomnia

Dalam sebuah studi di Kanada, peneliti berfokus pada bagaimana hubungan platonis di perguruan tinggi mempengaruhi seberapa baik mahasiswa tidur.

Ingin Tidur Nyenyak? Perbaiki Kualitas Pertemanan Anda!Dalam penelitian itu, lebih dari 900 mahasiswa ditanya tentang kehidupan sosial mereka selama tahun pertama kuliah mereka.

Setahun kemudian, siswa yang melaporkan banyak keterlibatan dalam kegiatan sosial, memiliki lebih sedikit masalah tidur.

Kebalikannya juga begitu, siswa yang memiliki sedikit masalah tidur selama tahun pertama kuliah, melaporkan memiliki banyak teman dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial lebih banyak setahun kemudian.

"Ternyata memiliki tidur yang optimal mendorong kemampuan kita untuk mengatasi stres secara efektif," kata Royette Tavernier, asisten profesor psikologi di Wesleyan University.