Senin, 11 September 2017 10:51 WITA

Mandi Malam Ternyata Tidak Sebabkan Rematik

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Mandi Malam Ternyata Tidak Sebabkan Rematik

RAKYATKU.COM - Mandi di malam hari, sering sekali dikaitkan dengan kambuhnya rematik. Namun, ternyata anggapan ini hanyalah mitos belaka. Pasalnya, mandi di malam hari ternyata tidak memiliki hubungan langsung terjadinya atau kambuhnya rematik.

Rematik itu sendiri merupakan suatu penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan, nyeri, kekakuan, dan keterbatasan gerak pada sendi, tulang, tendon, ligamen, dan otot.

Para ahli berpendapat, penyebab encok dan rematik adalah tingginya kadar asam urat. Asam urat tidak terdapat dalam kandungan air yang digunakan untuk mandi, tetapi dihasilkan dari kerusakan alami sel tubuh yang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Kadar asam urat yang terlalu tinggi umumnya disebabkan oleh terlalu sering dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin, terutama daging merah, jeroan, minuman beralkohol, dan seafood.

Dengan kata lain, mandi malam hari tidak bikin rematik. Namun mandi malam memang akan mengakibatkan kedinginan. Hal ini yang akan menimbulkan penyempitan kapsul pelindung sendi.

Untuk itu, agar mandi malam tidak menjadi penyebab terjadi atau kambuhnya rematik, gunakan air hangat. Selain dapat melawan suhu dingin di malam hari, air hangat juga membantu melemaskan otot-otot Anda yang tegang setelah beraktivitas seharian dan menghindari kekakuan sendi.