11 September 2017 05:30 WITA

Ini Alasan Kenapa Organ Reproduksi Harus Rutin Diperiksa

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Alasan Kenapa Organ Reproduksi Harus Rutin Diperiksa
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Reproduksi adalah proses biologis suatu seseorang untuk menghasilkan individu baru. Sedangkan, reproduksi adalah organ yang digunakan untuk proses pembuahan.

Baik wanita maupun pria, pasti memiliki organ reproduksi, inilah yang nantinya digunakan untuk menghasilkan generasi penerus mereka.

Hal ini disampaikan Yusra Takia, salah satu dosen program studi Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Senin (11/9/2017).

"Usia reproduksi terbagi dua, yakni usia remaja awal dan remaja akhir. Pada usia remaja awal, perempuan jarang memperhatikan pemeriksaan kesehatan organ reproduksi secara berkala. Sedangkan usia remaja akhir, kekeliruan dalam pemilihan alat kontrasepsi yang benar sangat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi," kata Yusra Takia.

Alumni Ners STIKES Mega Resky ini menyarankan agar semua orang, khususnya perempuan bisa membiasakan hidup bersih dengan menggunakan bahan alami. “Misalnya, ketika mandi ada baiknya menghindari penggunaan sabun sirih," jelasnya dalam rilis yang diterima Rakyatku.com.

Berikut tips jaga organ reproduksi:

Gunakan pakaian dalam berbahan katun

Meski lebih mahal dari bahan lainnya, katun membuat sirkulasi udara dalam organ reproduksi menjadi lancar dan lebih menyerap keringat.

Mengeringkan organ reproduksi

Setelah BAK atau BAB, sebaiknya keringkan organ reproduksi menggunakan handuk. Jangan menggunakan tissue, untuk menghidari zat pemutih menempel pada organ reproduksi.

Rajin mengganti pantyliner 

Hal ini agar tidak lembab dan mencegah perkembangbiakan bakteri.

Hindari gula dan kafein

Gula dan kopi tidak bisa tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, sebab vagina akan mengeluarkan cairan yang berlebihan dan timbullah keputihan.

Hindari mengkonsumsi alkohol

Alkohol mengandung zat-zat yang tidak bagus untuk kesehatan reproduksi. Jika terus dikonsumsi akan mempengaruhi sel telur dan sel sperma.

Menjaga berat badan ideal

Wanita dengan berat badan ideal akan terhidar dari cairan vagina berlebih. Sedangkan pria dengan badan gemuk akan memiliki sel sperma yang kurang subur.

Tags
fkm umi