10 September 2017 08:57 WITA

Penyebab Mudah Sakit Selama Kehamilan

Editor: Suriawati
Penyebab Mudah Sakit Selama Kehamilan
INT

RAKYATKU.COM - Apakah Anda sering merasa sakit saat hamil? Ya, itu memang wajar karena kehamilan bisa menjadi tahap yang rentan, di mana pada masa ini banyak perubahan terjadi di dalam tubuh.

Perubahan itu bisa membuat Anda sering jatuh sakit dan terkena infeksi. Bagian terburuknya adalah Anda tidak bisa makan makanan sembarangan atau menelan pil begitu saja untuk melawan infeksi tanpa resep dokter.

BACA JUGA: Apakah Penggunaan Ponsel Selama Hamil Bisa Mempengaruhi Janin?

Tapi jangan putus asa karena kondisi ini hanya bertahap, dan Anda bisa menjadi sehat seiring bertambahnya usia kehamilan. 

Salah satu alasan dibalik penyakit selama kehamilan adalah sistem kekebalan tubuh. Selama kehamilan, imunitas Anda bisa menurun. Tapi, tubuh perlu mengekang tindakan kekebalan tubuh sampai janin berkembang dan mencapai tahap perkembangan.

Alasan lain adalah sekresi hormon dalam kehamilan. Progesteron, glukokortikoid dan estrogen memiliki efek pada tindakan inflamasi sistem kekebalan tubuh untuk mencegah masalah pada janin.

Untuk itu, disarankan mengkonsumsi vitamin, menghindari makanan dan lingkungan beracun dan cukup tidur.

Untuk lebih amannya, kunjungi dokter Anda, untuk mendapatkan bantuan medis yang tepat karena obat yang dijual secara bebas bisa membahayakan kehamilan Anda.