09 September 2017 14:46 WITA

Terapi Online Bisa Membantu Mengurangi Insomnia

Editor: Suriawati
Terapi Online Bisa Membantu Mengurangi Insomnia
INT

RAKYATKU.COM - Jika Anda mengalami insomnia, sebuah program terapi online baru dapat membantu meringankan masalah tidur Anda.

Peneliti dari Inggris mengatakan, program online juga dapat mengurangi tingkat kesehatan mental pasien seperti depresi, kecemasan, paranoia dan halusinasi.

BACA JUGA: Insomnia Penyakit Keturunan?

"Dengan menutup mata, kita dapat membantu memperbaiki kesehatan psikologis. Tidur dengan baik dapat membantu mengubah warna biru kita, mengurangi ketakutan kita, dan membuat kita lebih bahagia," kata penulis utama, Daniel Freeman, profesor psikologi klinis di Universitas Oxford di Inggris.

Program online itu disebut Sleepio. Ini adalah program terapi perilaku kognitif digital interaktif yang dapat diakses peserta melalui internet.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 3.700 pasien insomnia di Inggris. Sekitar setengah ditugaskan ke Sleepio. Yang lainnya tidak mendapat perlakuan dan bertindak sebagai kelompok kontrol.

Program perawatan selama 10 minggu ini melibatkan enam sesi masing-masing 20 menit yang menampilkan seorang terapis animasi. Para peserta juga mengisi buku harian tidur setiap hari, yang digunakan oleh program ini untuk memberikan nasehat yang dipersonalisasi.

Pada akhir program, pasien memiliki pengurangan insomnia 5 poin rata-rata pada skala poin 0-32. Mereka juga mengalami pengurangan paranoia 2 poin dan penurunan halusinasi 1,5 poin.

Pasien juga mengalami perbaikan dalam depresi, kecemasan, kesehatan psikologis, mimpi buruk dan fungsi yang dirasakan, kata tim Freeman.

Peneliti mengatakan temuan mereka menyoroti pentingnya mengobati masalah tidur pada populasi umum.

Penelitian ini dipublikasikan pada 6 September di The Lancet Psychiatry.