31 August 2017 04:00 WITA

Ini Alasan Pria Langsung Tidur Usai Berhubungan Intim

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Alasan Pria Langsung Tidur Usai Berhubungan Intim
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Cukup banyak wanita yang kesal dengan pasangannya setelah berhubungan intim. Bagaimana tidak, di saat mereka masih ingin saling bermesraan atau setidaknya mengobrol, pria cenderung memilih untuk langsung terlelap begitu saja. 

Namun, pakar kesehatan ternyata menyebutkan bahwa hal ini ternyata wajar adanya. Ada alasan ilmiah mengapa pria memilih untuk langsung tidur setelah melakukannya. Berikut adalah penjelasannya.

David McKenzie, pakar kesehatan seksual yang berasal dari Vancouver, Kanada, menyebutkan bahwa alasan pria langsung tidur ini sama sekali tidak terkait dengan kepuasaan bercinta, kepribadian, hingga hubungan antar pasangan. 

Hal ini ternyata dipicu oleh reaksi kimia yang ada pada tubuh pria setelah berhubungan intim. Setelah mengalami orgasme, tubuh pria akan mengeluarkan biokimia prolaktin yang akan membuat tubuhnya terasa sangat lelah.

Mengingat wanita tidak selalu mendapatkan orgasme saat berhubungan intim, maka mereka belum tentu akan mengalami reaksi kimia ini. Bahkan, cukup banyak wanita yang masih bergairah sehingga masih ingin bermesraan atau mengobrol tentang banyak hal. Karena alasan ini pulalah banyak wanita yang kesal melihat pasangannya kelelahan dan langsung memilih untuk tidur.

Mark Leyner dan Billy Goldberg, pakar kesehatan seksual lainnya menyebutkan bahwa pria cenderung lebih aktif saat berhubungan intim dan hal ini membuatnya menghabiskan tenaga yang cukup banyak. Hal ini berimbas pada habisnya energi otot yang memproduksi glikogen dan akhirnya membuatnya langsung mengantuk begitu hubungan intim selesai dilakukan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kaum hawa jangan marah terlebih dahulu jika menemukan pasangannya kelelahan dan memilih untuk tidur setelah bercinta.
 

Tags
Seks