Selasa, 22 Agustus 2017 10:54 WITA

Jumlah Pengikut JKN-KIS di Parepare Bertumbuh

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Almaliki
Jumlah Pengikut JKN-KIS di Parepare Bertumbuh

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Bergulirnya program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat sebab JKN-KIS membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan.

Secara bertahap, JKN-KIS terus berkembang pesat hingga kini. Sampai dengan saat ini, secara nasional jumlah masyarakat yang telah mengikuti JKN-KIS mencapai 180 juta jiwa atau lebih dari 70 persen dari jumlah proyeksi penduduk Indonesia di tahun 2017. 

Khusus untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Parepare yang mencakup Kota Parepare, Kabupaten Barru, Sidrap, dan Pinrang juga terus mengalami peningkatan. Sampai dengan 30 Juni 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Parepare mencapai 736.718 jiwa. Termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan pada program JKN-KIS oleh Pemerintah Kota Parepare melalui Program Integrasi Jamkesda ke BPJS Kesehatan, sebanyak 67.422 jiwa.

Sementara Pemerintah Kabupaten Barru mengintegrasikan sebanyak 50.777 jiwa, Pemerintah Kabupaten Sidrap mengintegrasikan sebanyak 45.339 jiwa, dan Pemerintah Kabupaten Pinrang mengintegrasikan sebanyak 37.664 jiwa.

loading...

Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini, Kantor Cabang Parepare telah bermitra dengan 98 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 48 puskesmas, 24 dokter praktik perorangan, 11 dokter praktik gigi perorangan, 6 klinik pratama, 4 klinik TNI, dan 5 klinik Polri.

Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Parepare juga telah bekerja sama dengan 20 fasilitas kesehatan rujukan. “Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS,” ujar Pejabat Pengganti sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Hamsir Jusuf, Selasa (22-8-2017).

Selain itu, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan, pelbagai inovasi dan terobosan dilakukan, seperti pendaftaran melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Loading...
Loading...