14 August 2017 06:30 WITA

Ini Bahaya Konsumsi Es Batu Bagi Kesehatan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Bahaya Konsumsi Es Batu Bagi Kesehatan

RAKYATKU.COM - Anda sering mengonsumsi minuman yang dicampur es batu? Jika ya, mulai sekarang Anda harus lebih teliti apakah es batu yang digunakan berasal dari air yang layak minum atau tidak. Sejumlah penelitian mengungkapkan, ada banyak bakteri yang bersembunyi di dalam es batu yang beredar di pasaran.

Es batu yang digunakan oleh pedagang “nakal” biasanya menggunakan air mentah. Es batu ini berbentuk balok-balok besar sehingga sering disebut dengan es batu balok. Penggunaan es batu balok ini sebenarnya bukan untuk konsumsi, melainkan untuk mengawetkan hasil laut atau mendinginkan minuman dalam kemasan.

Karena berasal dari air mentah yang tidak melalui proses pemasakan yang baik, tentu kebersihan es batu balok tersebut sangat diragukan. Kandungan yang umumnya terdapat di air mentah adalah bakteri E. coli.

Selain itu, terdapat bakteri Enterobacter sp., Enterobacter cloacae, Pseudomonas sp., Citrobacter, dan Klebsiella. Dari semua bakteri tersebut, keberadaan bakteri E. coli yang harus diwaspadai karena dapat memicu diare atau muntaber.

Bakteri E. coli umumnya berada di dalam usus besar manusia. Jika keberadaannya berada di luar tubuh manusia, hal ini dapat menjadi indikator bahwa makanan atau minuman yang Anda konsumsi telah tercemar.

Temuan BPOM

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Mereka mengatakan, penggunaan es batu balok untuk minum memiliki dampak yang berbahaya.

“Kami akan mengawasi terus hal ini. Es batu balokan itu menggunakan sumber air yang tidak layak konsumsi. Es batu balokan mengandung bakteri dan menyebabkan beberapa penyakit yang menyerang saluran pencernaan,” kata Kepala BPOM, Dr. Roy A. Sparringa seperti dilansir klikdokter.

Tidak hanya bakteri E. coli yang mengancam kesehatan, BPOM juga menemukan bakteri kapang, khamir, dan salmonela.

“Ini yang belum banyak disadari masyarakat. Misalnya, es balok yang ada di bawah terus dipotong dan dicampurkan ke minuman, bayangkan berapa banyak bakterinya. Es-es yang dipakai itu bukan suplai makanan, bakteri yang ada di sana bisa mengancam kesehatan seseorang,” ujarnya.

Karena itu, jika Anda ingin mengonsumsi minuman dengan es batu, pastikan sumber es tersebut berasal dari sumber terpercaya. Es batu yang tidak layak konsumsi biasanya disajikan dalam bentuk pecahan. Sedangkan es batu yang baik memiliki bentuk yang seragam.