13 August 2017 15:24 WITA

Peringatan untuk Ibu Hamil, Jangan Pakai Sabun Antibakteri! 

Editor: Suriawati
Peringatan untuk Ibu Hamil, Jangan Pakai Sabun Antibakteri! 
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa anak-anak bisa menjadi gemuk jika ibu mereka menggunakan sabun antibakteri selama kehamilan.

Peneliti dari Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, California mengatakan bahwa sabun antibakteri penuh dengan satu zat kimia, dan paparan kontaminan di dalam rahim bisa membuat anak muda gemuk.

BACA JUGA: Hindari Toksin ini Selama Tahap Menyusui!

Dalam penelitian terhadap tikus, peneliti menemukan bahwa keturunan betina memiliki bobot 11 persen lebih banyak, sementara pada anak jantan, memiliki penambahan berat rata-rata 8 persen.

Bahan kimia yang disebut triclocarban (TCC) yang ditemukan dalam sabun antibakteri, masuk melalui plasenta dan melalui proses menyusui. TCC diyakini dapat mengganggu metabolisme, sehingga memperlambat pertahanan alami tubuh dari lemak. 

"Kami menemukan bahwa TCC secara efektif tertransfer dari ibu ke anak, baik trans-plasenta dan melalui menyusui," kata penulis utama Dr Heather Enright.

"Paparan terhadap TCC selama perkembangan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius pada perkembangan embrio dan janin."

"Mereka lebih sensitif terhadap perubahan tingkat hormon, yang dapat menyebabkan perubahan yang seringkali tidak dapat diubah lagi."

Peneliti juga mengatakan bahwa bukan hanya ibu hamil, paparan bahan kimia ini juga dapat menyebabkan kerusakan ireversibel pada organ vital.

Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal PLOS ONE.