13 August 2017 06:30 WITA

Dari Berdiri Lama Sampai Sepatu Hak Tinggi Picu Varises

Editor: Andi Chaerul Fadli
Dari Berdiri Lama Sampai Sepatu Hak Tinggi Picu Varises
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Varises cukup mengganggu penampilan seseorang, utamanya mereka yang kerap bekerja dengan pakaian yang minim.

Penyakit ini adalah kondisi di mana urat nadi halus pada bagian kaki melebar atau terbelit dan dapat menimbulkan rasa sakit sewaktu-waktu.

Ada beberapa faktor kenapa hal itu bisa terjadi, seperti dikutip dari The Health Site.

Berdiri lama
Umumnya kebiasaan ini bisa muncul karena pekerjaan. Berdiri pada satu tempat dalam kurun waktu lama dapat memicu varises. Cobalah berjalan-jalan beberapa kali untuk menghindarinya.

Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan tekanan pada urat nadi sehingga terjadi penumpukan darah. 

Duduk lama
Sama seperti berdiri, duduk selama berjam-jam umumnya dialami mereka yang bekerja di dalam ruangan. Namun, tak banyak yang tahu bahwa aktivitas kurang gerak tersebut dapat menyebabkan varises. Untuk menghindarinya, cobalah berjalan-jalan sejenak.

Sepatu hak tinggi
Saat berjalan biasa, otot besi bertindak seperti pompa untuk membantu proses pengaliran darah dalam urat nadi. Menggunakan sepatu hak tinggi membuat aktivitas tersebut terhalang karena perubahan posisi sehingha darah tak bisa terpompa efisien. Dengan demikian kemungkinan terjadi varises pun semakin besar.

Asupan garam
Konsumsi makanan yang tinggi asupan garam secara teratur, seperti camilan gurih, dapat menyebabkan resistensi air dalam tubuh. Akibatnya, terjadi tekanan dalam urat sehingga bagian tersebut melebar dan menyebabkan varises.

Tags
varises

Berita Terkait