12 August 2017 15:20 WITA

Manfaat Mengejutkan Makan 3 Pisang Sehari

Editor: Suriawati
Manfaat Mengejutkan Makan 3 Pisang Sehari
INT

RAKYATKU.COM - Pisang adalah buah yang sangat sehat dan bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, entah itu diolah menjadi kue ataupun dimakan mentah.

Mengonsumsi tiga buah pisang per hari akan memasok sekitar 1500 mg potasium untuk tubuh, 80 mg magnesium, serat, vitamin B6 dan vitamin C. Apa pentingnya ini untuk kesehatan? berikut penjelasannya:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Makan tiga buah pisang sehari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Potassium yang tinggi dalam pisang dapat membantu menetralkan tekanan darah.

2. Memperbaiki pencernaan
Pisang juga kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat merupakan nutrisi penting dalam tubuh karena membantu mengatur pencernaan. Makan pisang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga bisa membantu mengatasi masalah sembelit.

BACA JUGA: Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Lelah

3. Mencegah penyakit kardiovaskular
Mengkonsumsi makanan tinggi serat juga sangat baik untuk jantung. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

4. Menciptakan sel sehat
Pisang kaya akan vitamin B6, yang membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan asam amino yang diperlukan untuk menciptakan sel sehat. Ini juga membantu produksi antibodi yang melawan infeksi.

5. Antioksidan
Pisang mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan penting yang menetralisir radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Vitamin C juga membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat dan menghasilkan kolagen yang menahan otot, tulang dan jaringan lainnya.

6. Mengatasi anemia
Karena pisang mengandung zat besi tinggi, mengonsumsinya bisa merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu melawan anemia. Anemia adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, sehingga menyebabkan kelelahan, pucat dan sesak napas.

7. Meningkatkan mood
Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 27 mg magnesium. Mineral ini bisa membantu meningkatkan mood Anda dan membantu tidur nyenyak. Pria dan wanita masing-masing membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari. Jika Anda rendah magnesium, Anda cenderung menderita kegelisahan, mudah tersinggung, depresi dan gangguan lainnya.