12 August 2017 08:00 WITA

Mengapa Alkohol Bisa Membuat Orang Cepat Marah

Editor: Almaliki
Mengapa Alkohol Bisa Membuat Orang Cepat Marah

RAKYATKU.COM - Sudah menjadi rahasia umum, kalau mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa membuat seseorang cenderung lebih emosional dan mudah marah. Lantas apa penyebabnya?

Dalam laman Science Alert, diungkap kalau mabuk akibat dari minuman beralkohol bisa memberikan kerugian yang luar biasa bagi diri sendiri atau orang-orang di sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan alkohol dalam mengubah suasana hati seseorang.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Sally Adams, seorang dosen di bidang psikologi kesehatan, Christine Griffin, profesor di bidang psikologi sosial, dan Paula Smith, dosen senior di bidang psikologi dari University of Bath, disebutkan bahwa mabuk atau intoksikasi mampu membuat seseorang mengalami peningkatan euforia, rasa rileks, mudah berkonsentrasi, dan menurunkan rasa cemas dan tegang.

"Sayangnya, berbagai dampak positif dari mabuk ini akan berbalik menjadi efek samping yang buruk begitu kandungan alkohol dalam tubuh mulai menghilang," tutur Sally dikutip dari laman doktersehat.

Para peneliti, menganggap dampak positif dari mengkonsumsi minuman beralkohol ini sebagai fase awal setelah mengonsumsinya.

Setelahnya, konsentrasi alkohol dalam darah mulai menurun yang diikuti dengan tubuh yang merasakan rasa letih yang luar biasa, serta penurunan mood. Di fase kedua inilah, mereka yang mabuk cenderung lebih sensitif dan tidak nyaman.

"Kecenderungan ini tidak bisa dikendalikan, sehingga pada akhirnya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak mabuk karena mengonsumsi minuman beralkohol," tukasnya.